Selamat Datang 5G, Layanan Yang Segera Hadir di Indonesia

Foto: CNBC Indonesia

BCO.co.id – Jaringan 5G diklaim memiliki koneksi lebih cepat, jangkauan yang lebih luas serta lebih stabil. Namun, bagaimanakah realitanya di lapangan? Laman PC Magazine pun melakukan uji coba atas jaringan 5G dan menemukan fakta bahwa jaringan 5G Verizon di Chicago hanya mencakup jarak 300 kaki.

Sementara, jaringan 5G milik AT&T di Dallas memiliki kecepatan hingga 1,3 Gbps dan memiliki jangkauan hingga 600 kaki. Meskipun sudah tergolong cepat, namun jaringan 5G tersebut masih perlu pengembangan lebih lanjut dan lebih optimal. PC Magazine memperkirakan bahwa jaringan 5G akan lebih stabil dan umum digunakan pada tahun 2021 atau 2022 mendatang.

Lantas apa sih teknologi 5G itu?

5G menggunakan spektrum dalam rentang frekuensi LTE antara 600 MHz hingga 6 Ghz. 5G umumnya baru diperkenalkan di tahun 2018 dan menjalani proses uji coba di beberapa negara. Misalnya, di Britania Raya, koneksi 5G memiliki kecepatan unduh hingga 2,8 Gbps. Memang, 5G digadang-gadang lebih cepat 20 kali lipat dari 4G, terang laman Adweek.

Perjalanan panjang perkembangan 5G dimulai oleh NASA di tahun 2008. Lalu, diikuti oleh kementerian riset dan teknologi Korea Selatan di tahun yang sama. Berturut-turut, berbagai institusi mulai melakukan riset tentang 5G, seperti New York University yang menemukan NYU Wireless, University of Surrey yang menginvestasikan dana hingga 35 juta euro untuk riset 5G dan lain sebagainya.

Manfaat Penggunaan Teknologi 5G

1. Self Driving

Metode self-driving ini sendiri dikembangkan bukan hanya untuk mempermudah perpindahan manusia, tapi juga memfasilitasi layanan pengantaran seperti makanan dan barang. Untuk dapat memantau dan mengoperasikan kendaraan semacam itu dari jarak jauh, tentunya bukan hal gampang. Mengutip laporan BBC News, salah satu hal penting untuk memungkinkan kendaraan otonom bisa berjalan adalah adanya akses internet yang memadai.

Oleh karena itu, generasi berikutnya dari konektivitas internet mobile 5G atau Fifth Generation, bisa dipastikan tidak akan lepas dari proses pengembangan kendaraan self-driving.

Seperti dikutip dari New Equipment Digest, jaringan 5G diperkirakan akan mampu menghubungkan hampir semua aspek yang ada di sekitar kita dengan jaringan yang sangat cepat, sangat andal, dan sangat responsif.

2. Operasi Bedah Pasien Bisa Lewat Gadget

Dalam acara Mobile World Congress di Barcelona, awal tahun 2019, tim dokter dari Hospital Clinic Barcelona mempertontonkan operasi kanker tumor di usus pasien di mana dokter ahli berada tiga mil dari ruang operasi. Operasi tersebut dilakukan oleh dokter lain.

Kepala tim operasi tersebut, Antonio de Lacy mengatakan operasi tersebut menggunakan koneksi 5G dan operasi terjadi secara real time. Ia hanya memberikan saran dan bimbingan dengan tim dokter yang berada di ruang operasi.

“Saya menggambar dengan tangan saya di layar perangkat saya, dan pada saat yang sama gambar tersebut muncul di layar mereka,” ujarnya seperti dikutip dari CNNInternational, Rabu (21/8/2019). “Sebelum 5G, kami harus membekukan gambar untuk menggambar dan itu tidak ideal.”

3. Kecepatan Internet yang Lebih Baik

Generasi kelima dalam konektivitas internet seluler ini menjanjikan pengunduhan dan pengunggahan yang jauh lebih cepat, jangkauan lebih luas serta koneksi yang lebih stabil, terang laman BBC. Ini karena pemanfaatan spektrum radio yang lebih baik serta memungkinkan lebih banyak perangkat seluler mengakses internet pada waktu yang bersamaan.

Kecepatan sangat dibutuhkan di era sekarang, mengingat adanya teknologi seperti augmented reality (AR), live streaming dan lain sebagainya, yang membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat. Itulah kecanggihan ekstra yang dijanjikan oleh jaringan 5G. (*/Berbagai Sumber)

0Shares