Inilah Cara Agar Whatsapp dan Nomor HP Tidak Mudah Diretas

Foto: ilustrasi/Net

BCO.co.id – WhatsApp adalah Aplikasi mesenger terbesar saat ini, dengan jumlah pengguna yang mencapai lebih dari 1 Miliar. walaupun sudah diamankan oleh enkripsi end to end, tidak menutup kemungkinan juga WhatsApp kita diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah WhatsApp kamu pernah ke log out sendiri secara tiba-tiba? Atau mungkin pernah diminta kode autentikasi melalui SMS oleh WhatsApp? Kalu kamu pernah merasakan hal tersebut, bisa jadi WhatsApp kamu sedang diretas oleh seseorang!

Nah agar terhindar dari hal yang tak diinginkan tersebut berikut beberapa cara untuk melindungi WhatsApp dari para hacker

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

WhatsApp muncul karena kemudahannya dalam verifikasi nomor, kita tidak perlu lagi mengingat berapa nomor PIN WhatsApp kita. Namun hal ini menjadi celah bagi para hacker untuk meretas akun WhatsApp kita.

Fitur Verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur opsional untuk menambahkan keamanan pada akun Whatsapp kamu. Ketika kamu mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasikan nomor telepon kamu pada WhatsApp harus disertai dengan sebuah PIN enam digit yang telah kamu buat sebelumnya.

Caranya sangat mudah, buka aplikasi WhatsApp pilih Setelan -> Akun -> Verifikasi Dua Langkah -> Aktifkan

2. Log out Fitur Web Whatsapp

WhatsApp Web memang sangat berguna bagi kita yang ingin menggunakan WhatsApp sambil bekerja didepan Laptop atau Komputer. Kita tidak perlu lagi buka Handphone saat mau kirim pesan atau file melalui WhatsApp.

Namun sering kali lupa untuk keluar atau log out setelah memakai WhatsApp Web di PC atau laptop kita. Padahal hal ini sangat berbahaya dan rentan sekali diretas oleh siapa pun. Bisa saja ada orang iseng yang membuka laptop atau Komputer kerjamu dan membaca seluruh isi percakapanmu dengan rekan kerja atau pasangan kamu. Mulai sekarang, lebih rajin log out WhatsApp Web mu ya.

3. Hindari Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga

Pasti kamu pernah tergiur untuk menginstal aplikasi-aplikasi pihak ketiga, entah untuk mengganti tema WhatsApp, mengganti WhatsApp-mu menjadi Whatsapp Blue atau WhatsApp Premium dan lain sebagainya. Nah kalau boleh mengingatkan, hindari untuk mengunduh aplikasi-aplikasi mencurigakan seperti itu. Karena tidak ada jaminan aplikasi semacam itu bebas dari Malware yang bisa mencuri datamu.

4. Jangan berikan kode Verifikasi apapun keorang lain

Nah bagi anda yang suka menggunakan berbagi aplikasi online untuk kemudahan hidup, seperti belanja online, ojek online, beli makan dan minum secara online, sebaiknya anda harus sangat berhati-hati.

jika ada yang menyuruh mengirimkan kode verifikasi yang masuk lewat sms atau email, sebaiknya jangan anda kirim kode itu kesiapapun. karena bisa jadi itu adalah salah satu modus untuk memindahkan kendali aplikasi anda ke orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Ganti Sim Card

Untuk menghindari pengkloningan kartu SIM, kita sebaiknya mengganti kartu SIM lama dengan kartu SIM tipe baru yang lebih aman dan sulit untuk dikloning. Kartu tipe lama, Comp128v1 diproduksi Juni 2012 dan biasanya belum mengakomodir teknologi 4G/ LTE.

Dan pastikan anda tidak meminjamkan ponsel maupun kartu SIM kepada orang yang tidak dikenal.

0Shares