Santuni Anak Yatim se-Kecamatan, Karang Taruna Purwakarta Gandeng Pengembang

CILEGON, BCO – Dengan berkolaborasi bersama pengembang Perumahan Spring Karta Cilegon, Karang Taruna Kecamatan Purwakarta memberikan santunan uang tunai dan paket berbuka puasa kepada 70 anak yatim piatu se-Kecamatan Purwakarta. Santunan itu sebagai tanda kepedulian organisasi ditengah pandemi Covid-19 yang menyulitkan semua pihak.

Acara sosial yang digelar di halaman Kantor Kelurahan Purwakarta itu tetap menjalankan protap kesehatan dengan melakukan physical distancing atau jaga jarak.

Ketua Pelaksana sekaligus Humas Karang Taruna Kecamatan Purwakarta Imam Romadhon mengatakan, ide tersebut muncul sebagai upaya organisasi untuk menggandeng elemen masyarakat di wilayahnya agar sama-sama peduli terhadap anak – anak yatim yang harus diperhatikan.

“Jadi ini khusus anak yatim piatu, jadi satu kelurahan itu 10 orang. Berhubung Purwakarta tuan rumah jadi kita lebihkan menjadi 20 orang. Total ada 70 orang penerima santunan. Kita berkolaborasi bersama developer Perumahan Spring Karta Cilegon sebagai donatur,” kata Imam kepada BCO, Kamis 21 Mei 2020.

Meski terbilang aktif dalam hal kemasyarakatan, Karang Taruna Kecamatan Purwakarta mengaku sudah bersinergi dengan organisasi lain untuk sama-sama menjadikan organisasi sebagai wadah berbuat kebaikan. Apalagi saat ini ditengah pandemi Covid-19.

“Dalam acara ini kami juga tetap mengedukasi para peserta yang hadir untuk tetap melakukan physical distancing karena kan mereka anak-anak jadi bisa sambil diarahkan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Camat Purwakarta Wawan Ihwani mengungkapkan bahwa, upaya saling membantu yang digagas oleh Karang Taruna Kecamatan Purwakarta itu sebagai langkah menjaga persatuan dan kesatuan manusia sebagai mahluk sosial dan menerapkan nilai-nilai religi.

“Kita hidup ini seperti konsepnya Aristoteles zoon politicon, manusia itu tidak bisa hidup sendiri. Dan manusia itu sebagai mahluk sosial membutuhkan perna orang lain. Begitupun di agama kita islam, nilai – nilai kemasyarakatan itu menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Wawan.

Oleh sebab itu, Wawan sendiri menyatakan bangga dengan Karang Taruna Kecamatan Purwakarta yang bisa bergerak saat pandemi Covid-19 dengan menggandeng pihak lain untuk tetap berbuat kebaikan di bulan puasa ini.

“Saya melihat Karang Taruna Kecamatan Purwakarta menjadi teladan uswah bagi organisasi lain. Kebaikan ini harus ditularkan oleh pengurus, bagaimana ini membangun komunikasi kebaikan,” ungkapnya.

Kendati mengaku bangga denga organisasi tersebut, Wawan juga menyarankan kepada pengurus Karang Taruna Kecamatan Purwakarta untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar saling bantu membantu warga lain yang sedang mengalami kesulitan.

“Bantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Bangkitkan semangat warga masyarakat, khusus yang ditetapkan sebagai OTG, ODP, PDP, ataupun yang terkonfirmasi positif agar bisa bangkit dari keterpurukan mereka,” pungkasnya. []

0Shares