Malam Tahun Baru, Penginapan di Anyer Capai 90 Persen

Ilustrasi (Net)

ANYER, BCO – Malam pergantian tahun biasanya menjadi momen yang paling ditunggu. Selain bisa menikmati liburan panjang selepas bekerja, wisatawan juga bisa merayakan malam pergantian tahun ini dengan membuat pertunjukan kembang api untuk meramaikan suasana.

Pada saat malam tahun baru, biasanya warga berkumpul di lapangan terbuka ataupun liburan di area pantai. Oleh karena hal inilah, masyarakat sekitar tempat wisata bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi tour guide atau menyewakan wahana permainan air, dan berjualan sekitar pantai.

Selain menguntungkan masyarakat banyak dari segi ekonomi, hal ini juga membawa dampak positif bagi pemerintah daerah sehingga bisa menaikan pendapatan asli daerah (PAD) dari objek pajak parwisata.

Ketua Harian Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Agus Zaenal mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Anyer – Cinangka telah mencapai 90 persen jika dibandingkan dengan hari libur akhir pekan biasa. Hal ini tersebut tentunya membawa dampak baik bagi perekonomian warga Anyer – Cinangka.

“Alhamdulilah, untuk malam ini tamu di sekitaran wisata anyer – cinangka sudah mencapai 80 sampai 90 persen,” ujar Agus saat dikonfirmasi BCO, Selasa 31 Desember 2019.

Selain itu, ia juga memprediksi jumlah kunjugan terhadap Kawasan Wisata Pantai Anyer – Cinangka akan terus meningkat seiring dengan kondisi Anyer yang semakin membaik.

Tak hanya itu, wisata terbuka seperti pantai. Menjadi objek pilihan wisatawan dari berbagai daerah yang sengaja memilih Anyer dan Cinangka sebagai tempat liburan mereka. “Insya Allah kita prediksi akan terus meningkat sampai tanggal 5 Januari mendatang,” katanya.

Di sisi lain, meski sempat ada kabar soal aktivitas Gunung Anak Krakatau, namun hal itu tidak berdampak panjang terhadap situasi kunjungan wisata di Anyer dan Cinangka.

“Dampak pemberitaan GAK pasti ada pengaruhnya, dan Alhamdullilah bisa ter-counter dengan berita berita bagus lainnya,” jelas GM Regal Cottage ini.

Sementara, untuk menjaga keaman dan ketertiban selama musim liburan tahun baru 2020. Agus mengatakan telah melakukan koordinasi dengan aparat dan juga dinas terkait guna mengawal wisatawan yang berkunjung ke Anyer Cinangka. []

0Shares