Gula Langka, Mentan Kunjungi PT. PDSU di Ciwandan

CILEGON, BCO – Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, ketersediaan 11 jenis bahan pangan secara nasional terkendali saat penanggulangan wabah pandemi Covid-19 hingga memasuki bulan suci Ramadhan maupun akhir Lebaran nanti.

Hal itu diungkapkan Mentan saat melakukan kunjungan ke salah satu pabrik gula PT. Permata Dunia Sukses Utama, di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Kamis 02 April 2020.

Menurut Syahrul, 11 jenis bahan dasar kebutuhan pokok mulai dari beras, daging, jagung, minyak goreng, bawang, dan gula pasir berada pada kondisi aman.

“11 kebutuhan dasar termasuk beras dan lain-lain itu. Dalam ramadhan, bulan puasa insya allah dalam kendali lebaran pun dalam kendali,” katanya kepada wartawan.

Dijelaskan Syahrul, ia berharap tidak ada kebijakan penerapan isolasi daerah untuk kepentingan pangan. Karena menurutnya, apabila hal tersebut dilakukan akan ada persoalan pada sistem distribusi.

“Oleh karena itu harapan saya, tidak ada lockdown, tidak ada isolasi wilayah, tidak ada isolasi daerah bagi kepentingan pangan. Perjalanan logistik pangan itu tidak boleh ada penguncian wilayah, kalau ada penguncian wilayah ini akan bersoal dengan distribusi yang telah kita persiapkan,” jelasnya.

Disinggung soal ketersedian beras, ia mengatakan, ketersedian beras hingga mengalami over stock hingga bulan Agustus 2020. Yang artinya kebutuhan bahan poko tersebut terpenuhi.

“Agustus itu mencapai 8 juta ton over stock, berarti sudah memenuhi kebutuhan. Produksi kita tahun ini cukup maksimal beras itu,” ucapnya.

Di sisi lain, Mentan sendiri mengaku, sistem panen di sektor pertanian dapat menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu, ia meminta Pemerintah Daerah untuk memperhatikan panen agar bisa maksimal. []

0Shares