Berbeda Dengan Daerah Lain, Car Free Day di Cilegon Masih Digelar

CILEGON, BCO – Car Free Day atau hari bebas kendaraan yang biasa digelar setiap hari Minggu di Kawasan Krakatau Junction (Kawasan Krakatau Sport Club) Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, tetap dilaksanakan seperti biasa.

Berdasarkan pantauan BCO di sejumlah titik, suasana keramaian masih tampak padat oleh masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga ataupun sekedar jajan dibeberapa tempat yang menjajakan aneka kuliner. Bahkan, banyak juga ibu-ibu rumah tangga yang membawa anak balitanya untuk sekedar bermain di arena permainan yang disediakan.

Padahal Gubernur Banten Wahidin Halim telah menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa) wilayah Provinsi Banten untuk waspada terhadap penyebaran Covid-19. Dalam instruksinya, WH menghimbau masyarakat untuk menjauhi tempat-tempat keramaian guna mangantisipasi paparan pandemi corona virus. WH juga menginstruksikan Kepala Dindik Provinsi Banten untuk meliburkan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah menengah atas selama dua pekan kedepan.

Menyikapi instruksi Gubernur Wahidin Halim, salah seorang warga yang ditemui BCO di lokasi Car Free Day mengatakan, ia setuju dengan Pemerintah Provinsi Banten akan instruksi yang dikeluarkannya. Namun, ia juga mendorong Pemda Cilegon untuk bisa bersikap serius guna mengantisipasi wabah pandemi asal China ini.

“Secara umum saya setuju dengan Pemprov Banten, intinya Pemda Cilegon harus serius menyikapi (status) KLB ini. Jangan dianggap sepele lah ini, soalnya kalau ada apa-apa Walikotanya mau enggak disalahkan gara-gara kurang tanggap,” kata Wikantono kepada BCO, Minggu 15 Maret 2020.

Pernyataan berbeda datang dari warga lain yang menyatakan belum mengetahui adanya instruksi Gubernur Banten terhadap penetapan status KLB pada penyakit pandemi Covid-19 ini. Meski demikian, ia mendorong pemerintah setempat untuk serius menganggapi hak itu.

“Belum tahu, ini juga (CFD) belum ditutup. Tapi kalaupun ada itu, pemerintah harus bersikap. Ya untuk keamanan bersama intinya,” kata seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Untuk diketahui, beberapa daerah lain di Banten telah menutup sementara kegiatan Car Free Day guna melindungi warganya kemungkinan terpapar Covid-19 dan meliburkan aktivitas KBM disekolah. Beberapa daerah yang menghentikan sementara kegiatan CFD itu diantaranya, Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang. []

0Shares