Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

BCO.co.id – Memasuki musim pancaroba selalu identik dengan hadirnya berbagai penyakit, seperti Demam Berdarah, diare, flu dan batuk. Wajar saja, memasuki musim ini, cuaca menjadi tak menentu. Siang hari matahari bisa bersinar sangat terik, lalu hujan akan turun dengan deras dengan cepat. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya.

Kondisi seperti ini membuat tubuh harus memiliki stamina yang bagus, karena jika tidak, tubuh kamu tidak akan mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca setiap harinya, sehingga kamu akan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, lakukan tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini supaya daya tahan tubuh tetap terjaga:

Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak makan buah-buahan

Menjaga kesehatan tentu harus dimulai dari kondisi tubuh yang prima. Jaga asupan makanan yang bergizi, tidak harus mahal tapi kaya akan nutrisi dan gizi. Hindari makanan cepat saji dan yang mengandung lemak yang tinggi.

Selain itu, perbanyak juga makan buah-buahan terutama yang banyak mengandung Vitamin C. atau jika terlalu malas, bisa juga mengkonsumsi buah-buahan dengan cara dibuat jus.

Minum Air Putih

Cepatnya pergantian cuaca membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Jangan sampai kamu kurang cairan, perbanyak minum air putih minimal delapan gelas sehari. Kurangi minum minuman bersoda, tinggi gula dan minuman yang mengandung kafein karena akan membuat perut mudah kembung.

Rutin berolahraga dan Isirahat yang cukup

Sibuk bekerja bukan berarti alasan untuk tidak bisa berolahraga. Oleh karena itu, biasakan olahraga setiap pagi hari, minimal 30 menit saja. Olahraga ringan seperti halnya dengan memperbanyak jalan kaki disela-sela kesibukan bekerja.

Setelah seharian bekerja, jangan sampai waktu istirahat kamu juga kamu pakai untuk bekerja ya, apalagi begadang hanya untuk mantau update status mantan. Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi semua sel yang ada di dalamnya. Jika kamu kurang tidur, regenerasi sel tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna dan rentan terkena penyakit.

Jaga kebersihan

Nah, sudah tau kan akibatnya kalau buang sampah sembarangan? udah deh jangan cari siapa yang salah. Mari kita bersama jaga kebersihan ditempat kita tinggal, mulai dari diri kita.

Jangan Lupa Bawa Payung atau Jas Hujan

Untuk berjaga-jaga, tetap bawa payung saat kamu bepergian. Jika kamu menggunakan kendaraan bermotor, jangan lupa untuk membawa jas hujan. Kenakan pula jaket untuk membuat tubuh kamu lebih hangat ketika hujan tiba-tiba turun, terlebih jika disertai angin kencang. [*/]

0Shares