Makanan Khas Cilegon yang Bikin Ngiler

Foto: Net

Cilegon, BCO – Selain dikenal sebagai Kota Industri, Cilegon sebagai salah satu kota besar lainnya di Indonesia. Salah satu kota di Banten ini menyediakan beragam makanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja makanan khas Cilegon yang wajib Kamu coba? Ini dia jawabannya!

1. Rabeg

Tak kalah lezat dengan sate bandeng, makanan khas Cilegon yang satu ini juga harus Kamu coba. Secara umum, Rabeg hampir mirip dengan semur, sebab dimasak dengan kuah kental.

Sedangkan untuk bahan dasarnya adalah, daging kambing atau sapi yang dicampur dengan jeroan.

Kuahnya tentu dimasak dengan tambahan rempah-rempah komplit yang akan membuat rasanya semakin nikmat nan lezat.

Selain demikian, masyarakat Cilegon biasanya menyantap Rabeg bersama nasi uduk yang akan membuat rasanya semakin mantap.

Sebagai pengetahuan, bahwa kuliner khas Cilegon ini telah ada sejak zaman dulu, namun hanya disajikan ketika ada acara tertentu, misalnya pernikahan.

Bahkan, Rabeg menjadi makanan favorit pemimpin kesultanan Banten, yakni sultan Hasanuddin.

2. Sate Bebek Cibeber

Ada sate bandeng, di Cilegon juga ada sate bebek cibeber. Apa yang beda dari sate biasanya? Bila biasanya sate dibuat menggunakan daging kambing, sapi atau ayam, maka kali ini menggunakan daging bebek.

Nah, bumbu yang digunakan pun menggunakan bumbu panggang khas Cibeber, sehingga rasanya lebih lezat nan nikmat, namun cenderung manis.

Bila Kamu berpikir sate bebek akan memiliki bau amis khas, maka Kamu salah besar. Sebab dengan racikan bumbu khas dan diolah secara benar, Kamu tak akan merasakan bau amis sama sekali.

Baca Selengkapnya ….

0Shares