Kota Cilegon Tunda Penerimaan Vaksin Covid–19

CILEGON, BCO.CO.ID – Dinkes Kota Cilegon dikabarkan menunda proses pengambilan vaksin covid-19 dari Dinkes Provinsi Banten. Belum diketahui pasti sampai kapan waktu penundaan pengambilan vaksin jatah untuk Cilegon dari Pemprov Banten itu.

Namun berdasarkan jadwal pengambilan atau distribusi vaksin Covid – 19 dilakukan pada Senin 11 Januari 2021 hari ini. Sebab, agendanya pada pekan ini baik Kamis 14 Januari 2021 dan Jumat 15 Januari 2021 sudah akan dilakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan, pimpinan Forkopimda dan para tokoh ulama serta masyarakat.

“Iya ditunda, nunggu petunjuk dari provinsi (Dinkes Provinsi Banten-red) selanjutnya. Saya juga belum tahu pertimbangaannya apa. Itu provinsi. Saya belum tahu sampai kapan diundurnya. Penundaan distribusi vaksin ditetapkan oleh pemerintah provinsi,” kata Dana Sujaksani, Plt Kepala Dinkes Kota Cilegon, Senin 11 Januari 2021.

Meski distribusi vaksin dari provinsi ke daerah ditunda, Dana menyatakan, proses vaksinasi serentak akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu pada 13 Januari tingkat nasional dan 15 Januari tingkat Provinsi Banten.

“Distribusi diundur. Namun pelaksanaan vaksinasi serentak masih sesuai dengan jadwal yaitu pada 13 atau 15 Januari mendatang secara seremonial di lakukan di Provinsi Banten atau di Tangerang,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 588.433 vaksin bakal disediakan pemerintah pusat untuk Kota Cilegon, untuk kebutuhan sendiri yang akan divaksin yaitu 251.426. Untuk awal, lanjut Dana, akan ada 1.350 vaksin yang diberikan kepada tenaga kesehatan.

“Prioritas dahulu dibulan Januari-April untuk 1.350 Nakes. Selanjutnya pejabat yang bekerja dipelayanan publik seperti Polres, Kodim, Satpol-PP, Dishub. Jadwalnya sama tapi setelah Nakes terlebih dahulu,” pungkasnya. []

0Shares