Wow! Harga Rokok di Warung Sudah Naik

Foto: Ilustrasi (KONTAN)

CILEGON, BCO – Tak hanya sekedar isu, ternyata harga rokok benar benar berubah lebih mahal alias naik, termasuk di sejumlah warung di Kota Cilegon. Hal tersebut disampaikan sejumlah perokok yang ditemui BCO.

“Iya bener naik. Belum tahun baru, harga rokok sudah naik” kata Imonk, seorang perokok yang mengaku terkejut seusai membeli rokok di toko kelontong di Cilegon.

Imonk menambahkan, rokok Dunhill sebelumnya hanya Rp. 23.000 per bungkus dan saat ini harganya naik. “Tadi saya beli (rokok-red) Dunhill Rp 25 ribu. Padahal kemarin masih Rp 23 ribu atau Rp. 24 ribu. Naiknya pelan pelan,” Imonk menegaskan.

Di tempat berbeda, Wim Salim juga mengatakan hal serupa. Lucky Strike yang ia biasa beli seharga Rp 20 ribu, kini naik. “Sekarang ada yang jual Rp 23 ribu hingga Rp 24 ribu itu (Rokok Lucky Strike-red),” ujarnya.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Dodi salah seorang penjaga toko kelontongan, membenarkan informasi tersebut. “Iya mas. Harga rokok sudah naik dan naiknya sedikit-sedikit paling Rp 500 sebungkusnya, tapi kontinyu,” ujar Dodi.

Seperti diketahui, pemerintah akhirnya mengesahkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) yang baru akan berlaku 1 Januari 2020 mendatang. Sikap pemerintah ini merupakan langkah negara untuk menekan konsumsi rokok sekaligus menggenjot penerimaan.

Secara rerata, tarif CHT Sigaret Keretek Mesin (SKM) naik sebesar 23,29 persen, Sigaret Putih Mesin (SPM) naik 29,95 persen, dan Sigaret Keretek Tangan (SKT) atau Sigaret Putih Tangan naik 12,84 persen.

Keputusan ini diambil dalam rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 13 September 2019.

Ada tiga alasan yang mendasari keputusan pemerintah menaikkan cukai rokok.

Pertama, tak ada kenaikan sejak tahun lalu. Kedua, ada alasan objektif menaikkan cukai yaitu menurunkan konsumsi karena alasan kesehatan. Ketiga, terkait urusan penerimaan negara.

Pemerintah yakin, kenaikan cukai akan mendongkrak penerimaan negara dan bisa digunakan untuk pembiayaan anggaran di APBN 2020. []

0Shares