WNA Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Cilegon

CILEGON, BCO – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan di Kota Cilegon terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) oleh pihak Laboratorium Kimia Farma Jakarta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, WNA yang diketahui bernama Saleem itu bekerja sebagai kapten kapal penyuplai BBM di Kota Cilegon.

“Pada tanggal 26 Juni kapal merapat dan diperiksa kesehatan oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten) dan clear tidak terpapar Covid-19, sehingga akhirnya boleh turun dari kapal, walaupun kebanyakan awak masih di dalam kapal,” ujar Plt. Kadinkes Cilegon Dana Sujaksani kepada wartawan di Kantor BPBD Kota Cilegon, Kamis, 02 Juli 2020.

Usai pemeriksaan Covid-19 oleh KKP Kelas II Banten, Dana melanjutkan, WNA ini hendak pulang ke negaranya di Pakistan dan menginap di sebuah hotel di Cilegon.

“Sehingga kepulangannya diurus oleh agen dan menginap dulu di Hotel The Royale Krakatau pada 27 Juni 2020. Nah kemudian untuk naik pesawat itu kan harus ada PCR, kemudian dia tes di laboratorium Kimia Farma Jakarta, dan tiga hari baru keluar hasilnya,” ucapnya.

Dikatakan Dana, selanjutnya pada 30 Juni 2020, WNA itu berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta meskipun belum mendapatkan hasil tes PCR.

“Ketika sampai bandara keluar hasil PCR dari Laboratorium Kimia Farma dan dinyatakan positif. Dan kebetulan juga pesawatnya di-cancel (dibatalkan-red). Karena batal berangkat kemudian balik lagi ke Cilegon. Oleh agennya dibawa ke penginapan semula di Hotel The Royale Krakatau dalam keadaan positif,” katanya.

Diakui Dana, pihaknya mengatahui bahwa WNA tersebut positif Covid-19 pada 1 Juli 2020. Sewaktu berada di Hotel The Royale Krakatau, WNA ini tidak berkontak dengan karyawan melainkan hanya dengan agen dari perusahaannya.

“Ketika ada laporan langsung kita eksekusi ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta. Untungnya waktu di Hotel The Royale Krakatau ini tidak ada kontak dengan karyawan hotel. Jadi yang ngurus segala macemnya WNA itu si agennya itu. Jadi agen ini yang kontak dengan WNA ini. Agen ini langsung dari perusahaan mereka di Pertamina,” jelasnya.

Mengetahui ada WNA terkonfirmasi positif Covid-19, pihak Hotel The Royale Krakatau langsung malakukan tracing.

“Pihak hotel langsung melakukan tracing ke karyawan mereka, namun ternyata tidak ada yang kontak langsung dengan WNA itu,” tukasnya. []

0Shares