Warga Tangkap Ular Sanca Sepanjang Empat Meter di Kubang Laban

CILEGON, BCO.CO.ID – Ular sanca kembang (Phyton Reticulatus) sepanjang empat meter bertubuh gempal terpaksa ditangkap warga lantaran hendak memangsa hewan ternak di Lingkungan Kubang Laban, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Senin malam 11 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan warga yang menangkap ular tersebut bernama Erik Beniardi, hewan melata berdarah dingin ini ditemukan saat hendak masuk ke kandang ayam. Pemilik yang kaget langsung memberitahukan penemuan ini untuk segera ditangkap sebelum menyerang warga sekitar.

“Tadi sekira pukul 20.00 WIB, mau masuk kandang ayam,” kata Erik terkonfirmasi.

Meski sempat kesulitan lantaran ular tersebut hendak kabur, namun lanjut Erik, yang juga Ketua Komunitas Independen Reptil Cilegon tersebut, ular dapat ditangkap dan diamankan. Hal ini juga sontak membuat warga beramai-ramai melihat ular tersebut dari dekat usai dievakuasi.

“Agak kesulitan, soalnya posisi ular udah mau masuk ke dalam kandang ayam warga,” jelasnya.

Selanjutnya, hewan liar ini bakal kembali dilepasliarkan ke alam bebas yang jauh dari permukiman penduduk. Pelepasliarin ini dilakukan, untuk menjaga keseimbangan alam antara manusia dengan komponen-komponen penyusun ekosistem. []

0Shares