Tips Dokter Zila Agar Kecantikan di Musim Pancaroba dan Masa Pandemi Dapat Terjaga

CILEGON, BCO.CO.ID – Bagi sebagian perempuan menjaga kecantikan dan kebugaran tubuh merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani agar terlihat sempurna, tapi terkadang persoalan pekerjaan yang menumpuk membuat wanita cepat stress dan mengalami penuaan dini sehingga berimbas terhadap penampilannya.

Apalagi tahun 2020 menjadi tahun yang istimewa karena kehadiran pandemi Covid-19, dan memaksa wanita karier di daerah perkotaan untuk tetap beraktivitas di rumah dengan pola habits (kebiasaan-red) yang berbeda. Tentunya hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh maupun kulit.

Untuk mengatasi itu, berikut ini ada beberapa tips menjaga kecantikan dan kebugaran tubuh yang disarankan oleh dokter kecantikan dari KAS Aesthetic Clinic Cilegon.
1. Jaga higienitas masker, hal ini penting demi menjaga wajah tidak mudah terserang acne mask. Ganti masker setiap 4 jam, jangan gunakan masker bekas.
2. Tetap rutin lakukan pembersihan wajah dengan sabun wajah maksimal 3 kali dalam sehari.
3. Gunakan moisturizer dan hidrating produk, supaya tetap cantik dirumah.
4. Jangan menggunakan BB Cream atau sejenis foundation ketika membersihkan rumah dari debu.
5. Tetap gunakan suncreen atau sunblock ketika dirumah, UV A dan UV B tetap bisa masuk kedalam rumah, aktivitas memasakpun bisa membuat menyebabkan penuaan dini.
6. segera konsultasi ke bila muncul masalah seperti timbul jerawat atau merasa wajah sudah mulai muncul tanda penuaan.

Dokter Candra Fitri Wulansari atau yang akrab disapa dokter Zila menuturkan, ditengah gempuran menghadapi pandemi, sebagai perempuan tetap dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh lebih ekstra. Terlebih lagi sekarang sudah memasuki bulan peralihan musim dari kemarau ke musim hujan, maka usaha menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit perlu lebih ekstra.

“Meskipun dirumah saja, ternyata dimasa pandemi ibu-ibu juga memiliki setumpuk aktivitas. Memastikan sekolah daring anak berjalan lancar, menjaga asupan makan orang rumah selama pandemi, membersihkan rumah sehingga bertemu dengan debu dan asap rumah tangga, aktivitas memasak yang meningkat selama pandemi,” kata dr Zila kepada BCO, Sabtu 28 November 2020.

Di masa pandemi ini, sambung dokter Zila, keluhan estetik meningkat cukup pesat adalah timbulnya jerawat di wajah yang diakibatkan penggunaan masker yang meningkat. Jerawat karena penggunaan masker atau acne mask ini bisa menyerang jenis kulit apapun termasuk yang semula tidak mudah berjerawat. Dan meningkatnya aktivitas memasak dan penggunaan skincare yang kurang tepat memicu wajah kusam dan tanda penuaan dini muncul.

“Pandemi yang membuat seorang perempuan lebih berperan besar dalam menjaga kesehtan tubuh keluarganya, terkadang tanpa disadari tubuhnya mengalami stress. Keluarga harus tetap sehat, jadi perempuan juga tetap harus menjaga kesehatannya,” ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini.

Selain menjaga kebugaran dan kecantikan, Zila menambahkan, pola gaya hidup sehat menjadi kunci vitalitas perempuan ketika sedang melakukan aktivitas di rumah dengan setumpuk pekerjaan demi menjaga keharmonisan rumah tangganya.

“Perlu kita ketahui bahwa apa yang tubuh kita asup adalah apa yang akan tubuh kita tampilkan. Dengan tubuh tetap segar dan tidak mudah terserang virus serta manajemen stress yang baik, maka tubuh kita vitalitasnya tetap terjaga, ph cairan di dalam tubuh tetap seimbang. Hal ini dibutuhkan agar kita tidak mudah mengalami keputihan yang mengganggu,” pungkasnya. []

0Shares