Tes CPNS Hari Pertama: 24 Dinyatakan Gugur, Satu Peserta Muntah

CILEGON, BCO – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Cilegon hari ini mulai dilaksanakan di Hotel Grand Mangku Putera Cilegon, Selasa 04 Februari 2020. Pantauan BCO di lokasi, sebanyak 1.500 peserta tampak antusias berdatangan dari pagi tadi.

Tes hari pertama ini meliputi Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi kompetensi dasar (SKD). Yang diikuti oleh 300 an peserta dan dibagi menjadi lima sesi. Para peserta tidak diperbolehkan membawa benda lain termasuk benda yang mengandung logam.

Panitia Pelaksana Tes CPNS mencatat, setidaknya ada 24 peserta yang terbagi dua sesi itu tidak hadir pada kegiatan tersebut dan dinyatakan gugur. Belum diketahui penyebab ketidakhadiran peserta tersebut.

Selain itu, satu orang peserta tes mengalami muntah-muntah lantaran masuk angin dan langsung dibawa ke ruang kesehatan untuk menjalani pemeriksaan.

“Sesi pertama ada yang masuk angin, muntah-muntah. Tapi langsung dibawa ke ruang kesehatan. Kebetulan tim medis ada disebelah, dia juga udah ikut lagi,” ujar Heri Mardiana, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, kepada BCO.

“Kalau kita rekap data yang sesi pertama itu 10 orang yang enggak hadir, sesi kedua 14 orang. Kita enggak tahu alasannya apa, karenakan disini kalau kesiangan udah enggak bisa masuk aturan BKN-nya begitu,” tambahnya.

Panitia melaksanakan tes mulai 4-6 Februari 2019. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pendaftar yang akan mengikuti tes CPNS. Dari 4.500 pendaftar, hanya 183 yang akan diterima.

“Kita maksimal untuk peserta baik tempat dan pelayanan mudah-mudahan ini bisa memberikan rasa nyaman bagi peserta,” ujar Sari Suryati, Sekda Cilegon.

Pemkot Cilegon menyiapkan server cadangan untuk mengantisipasi gangguan pada saat tes CPNS. Pihaknya juga mengaku sudah berkoordinasi dengan PLN untuk mengantisipasi mati listrik selama tes berlangsung.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati yang meninjau ujian tersebut mengatakan, pihaknya bersyukur karena selama ujian berlangsung kondisi alat penunjang beroperasi dengan baik. “Alhamdulilah berlangsung bagus, mudah-mudahan sampai dihari ketiga juga berjalan lancar,” katanya.

Hingga saat ini, tes sendiri masih berlangsung dan memasuki sesi ketiga. []

0Shares