Terminal Merak Kembali Beroperasi, Belum Ada Tujuan Jakarta

CILEGON, BCO – Pasca tutup karena pandemi Covid-19 dan larangan pemerintah, Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon, kembali dibuka dan melayani penumpang pengguna jasa angkutan transportasi bus.

Dibukanya terminal itu berdasarkan PM 41 tahun 2020, Surat Edaran Kemenhub No. SE 11 Tahun 2020 dan Surat Edaran Gugus Tugas Covid No. SE 7 Tahun 2020.

“Untuk Terminal Terpadu Merak hanya membuka pelayanan untuk trayek terminal tujuan yang sudah dibuka. Pelayanan di Terminal Terpadu Merak dimulai pada tanggal 16 Juni,” ujar Alam Suryawijaya, Kepala Terminal Terpadu Merak terkonfirmasi, Kamis 18 Juni 2020.

Kendati telah dibuka untuk pelayanan penumpang, pihak terminal tetap membatasi trayek yang beroperasi dan harus sesuai surat edaran.

“Tidak membuka seluruh trayek yang menuju Terminal Terpadu Merak. Di terminal ada pembatasan jumlah kendaraan yang masuk terminal, perusahaan angkutan umum pun harus menyediakan beberapa hal termasuk awak kendaraan sesuai dalam SE diatas,” beber Alam.

Saat ini Terminal Terpadu Merak melakukan pelayanan ke terminal tujuan seperti, Bekasi, Bogor, Bandung, Garut, Tasik, Cirebon, Purwokerto, Wonogiri, Semarang, Solo dan belum ada tujuan Jakarta. Calon penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan sehat, identitas diri (KTP), dan melakukan cek suhu tubuh sebelum memasuki armada bus. []

0Shares