Terkendala Cuaca, Basarnas Hentikan Sementara Pencarian Penumpang KMP Nusa Jaya

CILEGON, BCO – Tim SAR gabungan menghentikan sementara proses pencarian seorang laki-laki yang diperkirakan berumur 20 tahun, yang menjatuhkan diri dari KMP Nusa Jaya ketika kapal tersebut sedang melintas dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Dihentikannya pencarian tersebut lantaran kondisi cuaca yang memburuk dengan ditandai gelombang tinggi serta hari yang semakin gelap. Proses pencarian akan dilakukan kembali Sabtu besok, 31 Oktober 2020 di wilayah sekitar Pulau Tempurung yang tak jauh dari TKP.

“Tadi sudah melakukan pencarian dengan radius 1 knot mill dari TKP, untuk kesulitan sementara cuaca buruk. Gelombang tinggi dari 0 sampai 1,5 meter,” ujar Ferry Krisna Koordinator Pos Unit SAR Merak di Pelabuhan Merak, Jumat sore, 30 Oktober 2020.

Dikatakan Ferry, penumpang laki – laki tersebut diduga bunuh diri dengan melompat menjatuhkan diri ke laut. “Info terakhir, diduga korban bunuh diri,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pemuda yang diperkirakan berusia 20 tahun penumpang KMP Nusa Jaya yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, jatuh ke laut di sekitar Pulau Tempurung, Perairan Selat Sunda, Jumat 30 Oktober 2020.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pemuda dengan ciri-ciri memakai sweather merah tersebut awalnya duduk di upper deck kemudian naik ke reling kapal sebelum kemudian terjun ke laut sekira pukul 13.45 WIB.

Pihak kapal yang mengetahui hal itu langsung melakukan pencarian selama 30 menit namun tidak menemukan korban, bersamaan dengan peristiwa itu pihak kapal langsung melaporkan kejadian tersebut ke VTS Merak. Aksi itu juga sempat terekam kamera pengawas di kapal tersebut. []

0Shares