Tangani Covid-19, Anggaran Pesta HUT ke-21 Cilegon Ditunda

CILEGON, BCO – Pemkot Cilegon akan segera melakukan realokasi anggaran sebagai upaya percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Cilegon.

Beberapa kegiatan yang ditunda dan memakan banyak anggaran tersebut di antaranya, seremonial pesta Hari Jadi ke-21 Kota Cilegon, perjalanan dnas OPD, dan beberapa kegiatan yang bersifat bimbingan teknis (Bimtek). Realokasi anggaran tersebut nantinya dipindahkan untuk sektor kesehatan dan ekonomi lantaran bersifat kedaruratan.

Hal itu dsampaikan Sekretaris Daerah Kota Cilegon Sari Suryati, usai mengikuti rapat arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Pemprov, Pemkab, dan Pemkot se-Indonesia melalui video conference, Jumat 03 Maret 2020.

“Jadi anggaran-anggaran yang selama ini mungkin masih bisa ditunda diarahkan kepada anggaran yang sangat dibutuhkan terutama disektor kesehatan kemudian untuk pertumbuhan ekonomi,” kata Sari.

Dikatakan Sari, pihaknya sudah menghitung beberapa kegiatan yang memang akan dilakukan penundaan dan anggarannya akan direalokasi. Seperti, tidak adanya seremonial hari jadi Kota Cilegon, tidak adanya perjalanan dinas di seluruh OPD , beberapa kegiatan yang sifatnya bimbingan teknis (bimtek) dan beberapa kegiatan yang bisa digeser ke Bantuan Keuangan Provinsi Banten.

“Arahan dari pak Sekjen (Kemendagri) bagaimana realokasi kembali anggaran-anggaran yang memang dibutuhkan oleh pemerintah daerah, karena kebijakan ini sifatnya kedaruratan. Maka dari Kemendagri mengintruksikan untuk segera menangani melalui realokasi,” pungkasnya. []

0Shares