Tanam Ratusan Pohon, Anak Pulau Hijaukan Kembali Pulau Merak Kecil

CILEGON, BCO – Puluhan anggota dari Komunitas Anak Pulau (KAP) yang biasa merawat Pulau Merak Kecil di wilayah Kecamatan Pulomerak, kembali melakukan aksi penghijauan dengan menanam ratusan batang pohon. Kamis, 02 Juli 2020.

Penanaman pohon itu sebagai upaya mereka menjaga kelestarian alam di wilayah yang masuk area konservasi ini.

Ketua Komunitas Anak Pulau (KAP) Dickzy Eka Putranto mengatakan, tindakan ini dilakukan sebagai langkah mereka menciptakan suasana asri di area wisata yang sedang viral ini. Ratusan bibit pohon ini didapat atas pemberian Forum Kota Sehat (FKS) dan Krakatau Fins Swiming (KFS).

“Ada sekitar 300 pohon dari berbagai jenis pohon. Intinya kami ingin kelestarian alam di area ini tetap terjaga dengan baik. Meskipun, pulau sedang viral tapi dengan perawatan maksimal alam akan memberikan manfaatnya,” ujar Dickzy, Ketua Komunitas Anak Pulau di Pulau Merak Kecil kepada BCO.

Dalam kegiatan ini, pihak KAP juga mengundang Kadisparbud Cilegon serta jajaran kepolisian dan Camat Pulomerak Muhammad Hatta, sebagai upaya mereka mengenalkan pulau yang berpotensi menjadi wisata alternatif di Cilegon.

“Kami undang juga dari Disparbud dan kepolisian. Ya buat ngenalin ke mereka bahwa disini ada potensi yang harus dirawat di tengah banyaknya industri di Cilegon. Pohonkan banyak manfaatnya untuk keberlangsungan kehidupan. Jadi kami ingin setiap orang mampu menjaga kelestarian alam dan jangan merusaknya,” bebernya.

Lebih lanjut Dickzy menceritakan, KAP merupakan organisasi pemuda yang saling berpegang teguh dalam sifat kekeluargaan. Hal ini sebagai upaya pengurus untuk menciptakan sinergi dengan warga sekitar.

“Kita bareng-bareng sama KBMB (Keluarga Besar Merak Banten), Portal (Paguyuban Artis Musisi Organ Tunggal), dan beberapa warga setempat,” tukasnya. []

0Shares