Tak Bisa Tunjukan SIKM, Dua Kendaraan Dari Sumatera Diusir Petugas

CILEGON, BCO – Dua unit kendaraan bermotor terpaksa diusir polisi saat akan melewati Pos Checkpoint Gerem Bawah, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Rabu 27 Mei 2020.

Pengendara asal Lampung dan Palembang itu tak bisa menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) wilayah Jakarta saat polisi memberhentikan untuk memeriksa riwayat atau tujuan perjalanan pengguna jalan tersebut.

Berdasarkan pantauan BCO di lokasi penyekatan itu, salah seorang sopir mobil pribadi tersebut sempat mengelak saat petugas menanyakan asal dan tujuan pengendara itu. Ia hanya bisa menunjukan surat jalan perusahaan dan surat kesehatan dari rumah sakit tanpa disertai dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Panit Lantas Polsek Pulomerak Ipda Surnata mengatakan, penyekatan untuk antisipasi arus balik pemudik dari Sumatera menuju beberapa daerah di Pulau Jawa difokuskan di dua area. Yakni, Pos Checkpoint Gerem Bawah dan Pos Checkpoint Tol Merak Jakarta. Adapun kendaraan yang berhasil dihalau petugas kepolisian baru dua unit lantaran tidak bisa memperlihatkan surat jalan lengkap.

“Untuk kendaraan yang sudah diputar balikan, satu roda dua dan satu (unit) roda empat atau mobil pribadi balik kanan ke arah Sumatera,” kata Ipda Surnata kepada wartawan.

Dikatakan Panit Lantas Polsek Pulomerak, berdasarkan aturan yang berlaku, pengguna jalan yang akan menuju Jabodetabek diharuskan memiliki SIKM sebagai syarat melewati pos checkpoint. Mereka juga terindikasi pemudik dari Sumatera yang sebelum lebaran pulang ke kampung halamannya.

“Betul, dia yang sudah memaksakan diri nyebrang ke Sumatera dan ingin balik lagi ke Jakarta,” ujarnya.

Sebagai informasi, usai perayaan Idul fitri 1441 hijriyah, petugas mengetatkan penjagaan di area Pos Checkpoint Gerem Bawah dan Pos Checkpoint Tol Merak Jakarta guna menghalau orang – orang yang akan kembali ke wilayah zona merah Covid-19.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor baik yang berplat Banten maupun diluar Banten. Bahkan, setiap kendaraan truk ataupun mobil bak terbuka tak lepas dari pemeriksaan petugas. []

0Shares