Setelah Helldy-Sanuji Mendaftar, PDIP Cilegon: Wait and See, Politik Bisa Berubah

CILEGON, BCO – Menyikapi pendaftaran Pilkada yang dilakukan pasangan Bapaslon Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta dari Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera, DPC PDIP Kota Cilegon hingga saat ini masih menunggu keputusan DPP PDIP

Sebelumnya ramai diberitakan, Helldy yang memilih Sanuji dan berkoalisi dengan PKS tiba – tiba dikejutkan oleh SK B 1 KWK dari DPP PDIP yang merekomendasikan Ketua DPC PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar untuk bersanding dengan Helldy Agustian. Kendati begitu, Helldy tetap memilih berkoalisi dengan PKS.

Ketua Advokasi DPC PDIP Kota Cilegon Tb Amri Wardhana mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan DPP PDIP. Meski demikian menurutnya, tatakrama politik di partai berlambang banteng itu tegak lurus yang artinya mengikuti arahan pengurus pusat.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan arahan apapun daripada DPP kami,” kata Tb Amri Wardhana, saat menggelar konferensi pers di Kantor DPC PDI P Kota Cilegon, Jalan Stasiun no 58, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Sabtu, 05 September 2020.

Dijelaskan Tb Amri, SK B 1 KWK yang ditandatangani oleh Ketua Umum Megawati dan Sekjen DPP PDIP tertanggal 29 Agustus 2020 itu bukan tanpa alasan. Ia yakin sebelumnya DPP PDIP dan Partai Berkarya sudah melakukan komunikasi terlebih dahulu sebelum SK tersebut keluar. Oleh sebab itu, lanjut Tb. Amri, soal pendaftaran juga bisa berubah karena melihat waktu pendaftaran yang akan habis pada pukul 00.00 WIB 06 September 2020.

“Artinya dalam politik kita sama-sama tahu bahwa politik itu tidak lagi bicara hari, tetapi bicara jam ataupun bicara menit. Nanti ketika tanggal 06 September 2020 jam 00.00 WIB hasilnya apapun akan kita terima, kita akan meminta arahan dari DPP partai. Adapun Kang Helldy bersama Kang Sanuji nanti kita lihat seperti apa, karena bicara Pilkada ini baru dalam taraf pendaftaran dan kita tahu dalam undang-undang atau dalam PKPU setelah penetapan yang tidak bisa dirubah. Wait and see,” paparnya.

Padahal kata Tb Amri, ketika SK tersebut keluar dari DPP Partai PDIP, Ketua DPC PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar langsung mengurus syarat – syarat pendaftaran untuk mendampingi Helldy Agustian sebagai calon Walikota yang bersanding dengannya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Berkarya Sony Pudjisasono saat mendampingi pendaftaran Helldy Sanuji di Kantor KPU Kota Cilegon mengatakan, DPP Partai Berkarya sudah membuat keputusan final terkait Pilkada Cilegon yang memilih Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta untuk berlaga di pemilu kepala daerah serentak tingkat Cilegon itu.

“Sudah final ini, kita secara resmi sampai hari ini hanya ada Berkarya sama PKS selain itu tidak ada,” kata Sony. []

0Shares