Sering Bikin Macet, Komisi IV Evaluasi Cilegon Center Mall

CILEGON, BCO – Komisi IV DPRD Kota Cilegon melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pusat Perbelanjaan Cilegon Center Mall (CCM) untuk langkah evaluasi lantaran sering menjadi penyebab kemacetan dari arah Cilegon menuju Serang.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon Erik Erlangga mengungkapkan, pihak manajemen CCM seharusnya mengoptimalkan keberadaan pintu masuknya, sehingga kemacetan panjang tidak terjadi lagi. Ia juga meminta kepada pihak manajemen untuk berkoordinasi dengan tempat lain seperti Hotel Sari Kuring Indah serta Dinas Perhubungan Kota Cilegon.

“Inikan pintunya terlalu kedepan nih, ya kan tinggal dimaksimalkan saja bisa dua gerbang atau tiga gerbang, biar enggak sampe (macet) panjang. Jalankan di belakang juga ada, jadi maksud kita jalan di belakang itu tinggal dimanfaatkan dan kerjasama saja dengan dinas terkait,” kata Erik kepada wartawan, Kamis 02 Januari 2020.

Komisi IV DPRD Kota Cilegon juga meminta pihak pengelola Mall untuk membuat Jembatan Penyebrangan Orang (JPO). Karena menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan guna menjaga keselamatan konsumen yang akan berbelanja di Pusat Perbelanjaan terbesar di Kota Cilegon ini.

“Kita juga menyarankan ke pihak ccm agar membuat jembatan penyebrangan. Makanya kita berharap bisa membangun itu (JPO) agar memberikan fasilitas terbaik bagi konsumen ccm,” terangnya.

Disinggung soal pembangunan JPO, Erik menyatakan hal tersebut bisa dilakukan oleh pengelola dengan cara kerjasama. Karena menurutnya, jika Pemkot Cilegon yang mengangarkan, tentunya hal tersebut tidak bisa lantaran untuk anggaran tahun 2020 telah diputuskan. “Kalau misalnya diadakan kerjasama, inikan enggak mungkin kalau nunggu di pemkot sekarangkan udah diketok palu anggaran 2020. Paling 2021, nah kalau misalkan ini bisa dipercepat kenapa harus nunggu,” terang Erik.

Selain itu, Komisi IV DPRD Kota Cilegon juga mengusulkan agar pengelola mall untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian guna menghindari kemacetan akibat ramainya pengunjung yang masuk ke mall tersebut.

Di tempat sama, Operational Manager CCM, Khairudin mengaku akan melakukan evaluasi sistem buka tutup akses masuk. Perihal usulan Komisi IV DPRD Kota Cilegon terkait pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), ia juga mengatakan akan mengkoordinasikan usulan tersebut kepada petinggi mall ini.

Selain itu, Khairudin juga mengaku, sampai saat ini masih melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk mengurai kemacetan yang terjadi. “Ini yang akan kami evaluasi kembali terhadap sistem buka tutup mall kami agar kedepan tidak terjadi lagi kemacetan seperti kemarin. Nanti akan kami koordinasikan dengan owner kami, itu akan kami tindak lanjuti usulan tersebut,” tutupnya. []

0Shares