Serentak, Pemkot Cilegon Semprotkan Desinfektan di Ruang Publik

CILEGON, BCO – Pemerintah Kota Cilegon melakukan aksi penyemprotan desinfektan secara massal di sejumlah titik lokasi tempat-tempat umum.

Kegiatan itu merupakan upaya pencegahan Pemda Cilegon dalam memutus sebaran Covid-19 di beberapa tempat umum tersebut.

Sejumlah lokasi yang dilakukan penyemprotan diantaranya, area Taman Al Hadid, Landmark Kota Cilegon, Taman Layak Anak, Alun-Alun Cilegon, Pasar, Jalan Protokol, Terminal, Rumah Sakit dan beberapa tempat umum lain yang rencananya akan dilaksanakan pada hari ini, Selasa 24 Maret 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati, dan pejabat eselon II di Lingkungan Pemerintahan Kota Cilegon.

“Upaya pemerintah dalam rangka pencegahan bagi masyarakat terutama di ruang-ruang publik. Ini kebijakan pak wali ya. Jadi hari ini serentak dilakukan,” ungkap Sari Suryati, Sekda Kota Cilegon kepada wartawan di Alun-Alun Kota Cilegon.

Dikatakan Sari, hari ini ada dua kegiatan yang diintegerasikan untuk mencegah Covid-19 dan pembersihan sarang nyamuk di wilayah permukinan warga dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Iya, diintegerasikan. Jadi yang pencegahan Corona dengan pemberantasan sarang nyamuk,” katanya.

Desinfektan yang digunakan tersebut merupakan hasil sumbangan sejumlah industri kepada Pemda Cilegon. Disinggung soal permintaan warga untuk dilakukan penyemprotan di permukiman, Sekda Kota Cilegon mengatakan, hal tersebut sudah diintruksikan kepada para camat dan lurah di Kota Cilegon untuk memberikann pemahaman kepada masyarakat perihal Desinfektan tersebut.

“Sebetulnya itukan sudah bisa dilakukan di masyarakat Desinfektan ini. Tapi namanya Desinfektan kesannya ada sesuatu padahal mereka ngepel dengan wipol (produk cairan pel), bayclin (produk pemutih baju), itu sebetulnya mereka biasa lakukan,” jelasnya.

Untuk diketahui, cairan produk pel dan cairan produk pemutih baju yang bisa didapatkan di warung-warung tradisional maupun minimarket ini mengandung zat kimia Natrium Hipoklorit (NaClO) yang bisa gunakan sebagai bahan campuran Desinfektan. Adapun perbandingannya adalah 3 mililiter Natrium Hipoklorit dicampur dengan 100 mililiter air bersih. []

0Shares