Sempat Kejar Pembalap Liar, Tim Jawara Amankan Motor Balap

CILEGON, BCO – Satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z tanpa plat nomor yang sudah dimodifikasi bagian mesinnya diamankan Tim Jawara Polres Cilegon saat akan menggelar balapan liar di daerah Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Senin dinihari 11 Mei 2020.

Dalam peristiwa ini, Tim Jawara sempat mengejar para pembalap liar hingga motor yang akan digunakan untuk balapan itu ditinggalkan di tepi jalan.

“Tadi kita sampai kejar-kejaran dari Taman Rakata sampai daerah Curug (JLS-red). Motornya ditinggalin sama mereka, pelakunya kabur,” ujar Briptu Arief Wicaksono, Anggota Tim Jawara Polres Cilegon kepada BCO.

Dikatakan Arief, aparat terpaksa melakukan tindakan penyitaan lantaran para pembalap liar di wilayah Jalan Lingkar Selatan sudah membuat warga resah dan mengganggu waktu istirahat warga sekitar karena bunyi derungan motor yang bising.

Selain itu, para pembalap liar tersebut tidak pernah mengindahkan imbauan polisi di tengah penanganan Covid-19 serta suasana ibadah bulan suci Ramadhan.

“Penindakan ini kita lakukan berdasarkan laporan masyarakat karena mereka sudah meresahkan warga. Patroli ataupun kegiatan ini juga untuk memberikan kenyamanan terhadap warga yang sedang menjalankan ibadah puasa ataupun agar tidak terjadinya laka lantas dan penanganan Covid-19,” jelasnya.

Briptu Arief menyebutkan, saat ini di wilayah hukum Polres Cilegon ada beberapa titik lokasi yang sering digunakan untuk balapan liar.

“Ada sekitar lima lokasi yang biasanya dijadikan lokasi balap liar, mereka umumnya melakukan aksinya tengah malam sampai subuh. Tadi kita 6 personel yang melakukan pengejaran,” ujar Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan, patroli tersebut akan semakin gencar dilakukan Tim Jawara seiring penerapan physical distancing Covid-19 dan pelaksanaan ibadah bulan suci ramadhan 2020. Selanjutnya, kendaraan sepeda motor tersebut akan dibawa ke Mapolsek Cibeber untuk diamankan. []

0Shares