Sejumlah Pohon di Pulau Merak Kecil Ditebang, Camat Pulomerak Diprotes Warga

CILEGON, BCO – Sejumlah pohon yang berada di Kawasan Pulau Merak Kecil ditebang oleh dua orang menggunakan gergaji mesin pada Kamis 18 Juni 2020 lalu. Tak hanya ditebang, sisa pemangkasannya pun dibakar oleh mereka tanpa alasan yang jelas. Padahal, pepohonan di Pulau Merak Kecil ditanam dan dirawat oleh sebuah komunitas menyelam serta anak pulo. Selain itu, Pulau Merak Kecil juga selayaknya merupakan kawasan yang berstatus hutan lindung.

Mengetahui hal itu, Komunitas Anak Pulau (KAP) yang biasa merawat kondisi Pulau Merak Kecil ini geram dan mempertanyakan aktivitas penebangan pohon kepada Camat Pulomerak Muhammad Hatta.

Berdasarkan keterangan yang dhimpum BCO dari salah satu perwakilan Komunitas Anak Pulau, Dickzy Eka Putranto, dua orang yang melakukan penebangan pohon di wilayah itu merupakan orang suruhan Camat Pulomerak Muhammad Hatta. Karena hal itu, ia pun datang ke Kantor Kecamatan Pulomerak untuk mempertanyakan maksud dan tujuannya.

“Sehari setelah penebangan itu kita konfirmasi ke camat. Ternyata benar itu orangnya camat, katanya untuk kepentingan masyarakat tapi tidak dijelaskan secara rinci dalam bentuk apa. Kurang lebih ada mungkin lima pohon mah kan itu langsung dibakar bang. Setau saya inikan wilayah konservasi yang mana penebangan pohon kan dilarang,” kata Dickzy kepada BCO, Selasa 23 Juni 2020.

Diceritakan Dickzy, Pulau Merak Kecil yang memiliki luas kurang lebih satu hektare itu biasa dirawat dan dimanfaatkan warga setempat untuk rekreasi yang tidak merusak alam. Pulau yang rimbun oleh pepohonan ini memberikan kesan tersendiri bagi warga yang berkunjung ke tempat tersebut.

“Dirawat sama warga aja, dijadiin tempat rekreasi. Kita selalu gotong royong disini. Terus kalau ada bibit pohon kita bawa dan langsung ditanam. Ini malah ditebang,” ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, saat dikonfirmasi beberapa kali via telepon Camat Pulomerak Muhammad Hatta tidak menjawab pertanyaan wartawan perihal penebangan pohon di wilayah tersebut. []

0Shares