Sehari Jelang Penerapan Larangan Mudik, 5.000 Penumpang Menyeberang dari Pelabuhan Merak

CILEGON, BCO – Menjelang pelarangan aturan mudik oleh pemerintah pusat yang direncanakan akan berlaku mulai Jumat, 24 April 2020 besok, jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, melonjak naik.

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Cabang Utama Merak, kenaikan itu terjadi dalam beberapa hari terakhir. Yang mana, kenaikan penumpang pejalan kaki dua kali lipat dan penumpang di atas kendaraan naik 37 persen.

“Penumpang di pelabuhan penyebarang ini dibagi 2, yaitu pejalan kaki itu naiknya 2 kali lipat dibanding rata-rata harian seminggu terakhir. Kemudian penumpang di atas kendaraan itu sekitar 37 persen. Jadi kemarin itu ada kenaikan sekitar 5000 penumpang dibanding rata-rata harian seminggu terakhir,” ungkap Nurhadi Unggul Wibowo, Kepala BPTD Wilayah VIII Banten kepada wartawan, Kamis 23 April 2020.

Dijelaskan Nurhadi, penumpang dengan kendaraan sepeda motor naik 3 kali lipat dibandingkan seminggu terakhir dan kendaraan pribadi 55 persen. Untuk bus dan truk tergolong normal atau stabil.

“Bisa jadi seperti itu, karena data itu data kemarin.
Kalau dua hari yang lalu smpe seminggu terakhir hampi flat,” jelasnya.

Namun, meski terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan hal itu masih dianggap normal. Oleh karenanya, pihak BPTD dan PT ASDP Indonesia Cabang Utama Merak serta kepolisian daerah Banten akan melakukan rapat untuk mengikuti aturan perihal larangan mudik. []

0Shares