Sebentar Lagi Digelar Debat Calon Pilkada Cilegon, Ini Aturan yang Disiapkan KPU

CILEGON, BCO.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon telah memutuskan materi debat dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Cilegon tahun 2020. Debat yang rencananya bakal digelar dua tahap itu dapat disaksikan masyarakat melalui saluran televisi swasta nasional pada tanggal 21 dan 28 November 2020 mendatang pada pukul 14.00 WIB – 16.30 WIB.

Diharapkan dalam pelaksanaan debat tersebut, peserta Pilkada Cilegon dapat memanfaatkan momentum itu untuk memaparkan visi misinya dalam membangun Kota Cilegon kedepan serta bisa meraup dukungan maksimal rakyat Kota Cilegon.

“Kita telah membuat keputusan bahwa debat dilaksanakan dua kali di dua stasiun tv, yang pertama di Inews TV dan yang kedua di Metro TV. Debat ini kita bagi menjadi dua tema, tema pertama Kota Industri Untuk Semua, kita lebih ke umum dan tema yang kedua terkait dengan pelayanan publik dan kesehjateraan masyarakat lebih ke tekhnis,” ujar Pacthurrohman, Kepala Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Cilegon kepada wartawan di Kantor KPU Cilegon, Senin 16 November 2020.

Dijelaskan, masing-masing pasangan calon bisa membawa enam tim kampanye untuk mendampingi mereka di studio ketika debat berlangsung. Hal ini merupakan regulasi yang telah dikeluarkan KPU RI untuk tahapan Pilkada di masa pandemi teresebut.

“Regulasi KPU RI untuk masing-masing pasangan calon itu enam orang, dua orang itu pasangan calon dan empat orang itu tim kampanye atau tim LO,” jelas Pacthurrohman.

Dijelaskan, dalam proses pelaksanaan debat calon kepala daerah Kota Cilegon berbeda dari daerah lain. Pasalnya, ada empat pasangan calon yang mana mempengaruhi durasi konten debat itu sendiri. Untuk memandu acara tersebut akan dibantu dari tim akademisi dari perguruan tinggi di Banten.

“Ini ada perbedaan yah karena Cilegon durasinya lebih panjang. Karena ada empat pasangan calon tapi kalau dibawah empat pasangan calon itu debatnya 90 menit kalau kita 120 menit. Panelisnya kita ambil dari teman-teman akademisi di wilayah Banten,” pungkasnya. []

0Shares