Rumah Warga Cipala Jebol Tertimpa Longsoran TPT

MERAK, BCO – Tembok rumah Marjuk, warga Lingkungan Cipala, RT 03/RW 05, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, jebol setelah tertimpa longsoran tembok penahan tanah (TPT) rumah warga di atasnya pada Kamis malam, 9 Januari 2020, sekira pukul 21.30 WIB.

“Rumah warga Cipala jebol nih kena longsoran pondasi rumah. Tidak ada korban jiwa. Kejadian Kamis, malam Jumat, kira kira jam setengah sepuluh malam,” ujar Rizki, warga setempat, kepada BCO, Jumat 10 Januari 2020.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon Afuh Mafruh membenarkan informasi tersebut. “Iya benar. Kami masih melakukan pendataan,” ujar Afuh.

Afuh menjelaskan bahwa ini adalah peristiwa longsoran yang kedua. Dikatakan, sebelumnya pihak BPBD, TNI, Kepolisian, dan tim lainnya mendapatkan informasi ada tanah longsor dan pada hari Rabu, unsur terkait tersebut mengunjungi lokasi.

“Hari Rabu kami ke sana, TPT longsor sedikit dan belum menimpa rumah. Ketika itu, kami ajak bicara warga, rt dan rw, serta masyarakat agar segera gotong royong membongkar TPT sisanya, karena khawatir longsor lagi. Eh, benar saja. Tadi malam TPT sisanya longsor dan kena rumah warga bernama Marjuk, satu KK dengan 9 jiwa,” ujar Afuh.

Warga bergotong royong membersihkan tanah longsoran, Jumat 20 Januari 2020.

Tim, kata Afuh, sudah di lokasi untuk melakukan pembersihan dan pendataan. “Tidak ada korban jiwa, namun tembok rumah milik warga atas nama Marjuk, jebol,” Afuh menandaskan.

Sementara itu dikonfirmasi wartawan, Lurah Lebakgede, Kecamatan Pulomerak Suwandi juga membenarkan informasi tersebut. “Iya sudah ada laporan warga. Kejadian awal sih hari Minggu. Tadi malam ada longsor susulan. Kita sudah dorong agar dikirim material (bangunan) ke sana untuk perbaikan secara gotong royong dan agar tidak ada longsoran susulan,” ujar Suwandi. []

0Shares