Riwayat Perjalanan Ditelusuri, Satu Orang Warga Serang Positif Covid-19

SERANG, BCO – Seorang warga Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Banten (RSUB) dinyatakan positif terjangkit Corona Virus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Ikbal menjelaskan, warga tersebut sebelumnya dirawat selama 10 hari di RSU Banten dan berdasarkan hasil pemeriksaan Litbangkes Kemenkes RI, ia didapati positif Covid-19.

“Sebelumnya, warga tersebut telah menjalani perawatan dan pemeriksaan swab tes dari Litbangkes Kementrian Kesehatan RI, dan hasilnya didapati ia positif terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” kata Ikbal Kadinkes Kota Serang saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 08 April 2020.

“Kalau untuk yang di Unyur itu bukan hasil rapid test tapi memang yang di Unyur itu udah 10 hari dirawat di RSU Banten PDP, itu memang hasil konfirmasi dari Litbangkes kita ini satu ini dinyatakan positif kalau hasil rapid test bukan, enggak ada,” lanjutnya.

Lantaran adanya temuan ini, Kadinkes Serang Kota langsung mengumpulkan jajaran kecamatan untuk melakukan langkah – langkah antisipatif. Selain itu ia juga akan melakukan tracking terhadap keluarga pasien positif Covid-19 tersebut.

“Dari jajaran kesehatan sudah siap. Kedua, juga untuk yang keluarga dinyatakan sudah positif kita lakukan tracking,” ucapnya.

Ikbal mengatakan, Dinkes Serang Kota akan segera mengambil hasil swab tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap tenaga medis.

“Besok diambil hasil swab. Kita lakukan pemeriksaan kontak keluarganya, nanti juga untuk semua dokter dilakukan juga pemeriksaan, kalau ada kita atasi, kalau enggak ada syukur,” tambahnya.

Di sisi lain, Ikbal menyampaikan, berdasarkan temuan itu kemungkinan tertular akan ada, oleh karenanya perlu penanganan serius.

“Kalau himbauan sudah dilakukan tapi kalau sudah kaya gini kemungkinan tertularnya tinggi makanya kita lakukan itu supaya penagannya cepat termasuk di area selama ini dimana aktivitasnya,” pungkasnya.

Untuk masyarakat Kota Serang, pemerintah setempat menghimbau warga untuk melakukan pola hidup sehat, berdiam diri di rumah, menerapkan aturan Social Distancing maupun Physical Distancing, dan rajin mencuci tangan dengan sabun serta menggunakaan masker. []

0Shares