Ratusan Petugas PPDP di Cilegon Jalani Rapid Tes

CILEGON, BCO – Sebanyak 778 orang yang bertugas sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Kota Cilegon menjalani pemeriksaan tes cepat virus corona di RSUD Cilegon.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penyelenggara pemilu yang akan bertugas mencocokan data pemilih dan langsung kepada warga.

Komisioner KPU Kota Cilegon Divisi Sumber Daya Manusia Pathurohman mengatakan, pemeriksaan terhadap ratusan PPDP tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan para petugas. Selain itu, pemeriksaan tersebut berlangsung selama tiga hari untuk menghindari adanya kerumunan.

“Ketika mereka (petugas PPDP) bertemu dengan masyarakat di lapangan, masyarakat tidak perlu khawatir. Sehingga dengan rapid tes ini kita yakinkan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan aman,” kata Pathurohman, Jumat 10 Juli 2020.

Hingga saat ini, kata dia, sudah 236 petugas PPDP telah menjalani pemeriksaan rapid tes. Meski demikian, KPU sendiri belum menemukan petugas yang reaktif.

“Kemarin kita sudah melakukan rapid tes sebanyak 236 orang, empat orang tidak hadir karena kerja dan memilih besok (Sabtu). Belum, nanti hasilnya diberikan RSUD ke kita,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Pathurohman, rapid tes sendiri merupakan salah satu upaya KPU untuk menjaga kedaulatan rakyat dan keselamatan warganya.

“Karena KPU berkomitmen pemilihan serentak ini sesuai dengan instruksi KPU RI bahwa setiap tahapan kita harus menjalankan protokol Covid-19. Karena di satu sisi, bagi KPU penting menjaga kedaulatan warga supaya hak milih mereka terlaksana,” pungkasnya. []

0Shares