Prakiraan Cuaca, Wilayah Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

SERANG, BCO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 2 Provinsi Banten memprediksi hampir seluruh wilayah di Banten pada hari Jumat dan Sabtu (30 -31 Oktober 2020) bakal diguyur hujan lebat beserta angin kencang bahkan bisa diikuti oleh petir.

Hal itu dipengaruhi lantaran adanya penguapan air sehingga mengalami kondenisasi dan membentuk awan konvektif seperti Cumulus bahkan Cumulonimbus. Tentunya, hal itu bisa berpotensi terhadap angin kencang dan petir di daratan. Kendati demikian, fenomena tersebut dinilai sebagai fenomena alam biasa yang sering terjadi ketika memasuki peralihan cuaca.

“Itu merupakan fenomena alam biasa, sebagai kita ketahui hampir seluruh wilayah Banten sudah berada dalam musim penghujan,” ujar Tarjono, Kasie Data dan Informasi BMKG Serang kepada BCO Jumat, 30 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Tarjono mengungkapkan, selain berpotensi hujan lebat dan angin kencang hampir semua wilayah di Banten. Fenomena alam ini juga berpengaruh terhadap gelombang laut di wilayah perairan Selat Sunda bagian barat dan wilayah Perairan Banten Selatan yang bisa mencapai ketinggian gelombang 4 sampai 6 meter. Akan tetapi untuk wilayah penyebrangan Merak, kondisi gelombang cukup relatif aman untuk dilintasi kapal.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku 30 – 31 Oktober 2020. Adapun wilayah yang diprediksi gelombang tinggi (4 – 6 m) ada Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, serta Selatan Banten,” tukasnya. []

0Shares