Pengelola Penginapan di Anyer Optimistis Pariwisata Kembali Pulih

SERANG, BCO – Aturan tatanan normal baru atau new normal yang diterapkan Pemerintah Indonesia menjadi harapan bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata, terutama perhotelan dan penginapan.

Meski harus beradaptasi dengan sejumlah aturan dan utamanya protokol kesehatan, hal tersebut dinilai tidak menjadi kendala.

Ketua Harian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Agus Zaenal mengatakan, untuk mendorong kepercayaan kunjungan tamu ia telah menyiapkan beberapa strategi agar masyarakat dapat menikmati kawasan wisata Anyer tersebut, meskipun ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan.

“Sebenarnya kita optimis (bisa bangkit lagi) untuk kembali bergeliat. Kalaupun mungkin tidak se-normal yang sebelumnya. Tapi dengan itu kita terapkan protap kesehatan sesuai aturan pemerintah. Hal itu juga mendorong kepercayaan tamu untuk mengunjungi Anyer dan Cinangka ini,” ujar Agus saat ditemui BCO di Regal Raya Cotage Anyer, Senin 8 Juni 2020.

Peran serta pengawasan pemerintah daerah juga menjadi salah satu faktor penting yang mendukung berjalannya aturan di tempat wisata ini. Agus menerangkan, strategi pemasaran pun menjadi perhatian khusus untuk memikat wisatawan.

Dikatakan Agus, untuk menciptakan rasa aman bagi pengunjung, pihaknya hanya akan mengoperasikan 50 persen kamar dengan berbagai batasan. Selain itu, pengunjung yang masuk ke hotel atau penginapan ini diwajibkan mengikuti protap kesehatan. Seperti memakai masker, cek suhu tubuh, dan melakukan jaga jarak.

“Memang belum penuh, walaupun belum 50 persen kondisinya tetapi tapi geliatnya ada saja. Mungkin setiap hotel ada 5-6 kamar yang itu masih ada. Itupun hanya tamu – tamu lokal saja,” jelas GM Regal Raya Cotage Anyer ini.

Ketua Harian PHRI Kabupaten Serang ini kembali menegaskan kondisi pariwisata akan kembali pulih sering berjalannya waktu. []

0Shares