Pemuda Cilegon Ini Untung Belasan Juta Rupiah dari Bisnis Cupang, Pengiriman Hingga AS

CILEGON, BCO – Pandemi Covid – 19 yang melanda dunia diawal tahun 2020 mengubah kebiasaan masyarakat dari mulai belajar hingga berbisnis, dimana saat ini penggunaan tekhnologi komunikasi dimaksimalkan untuk mencegah penularan virus yang menyerang sistem pernafasan ini. Tentunya imbas dari penyebaran virus ini juga berdampak pada sektor usaha yang bikin lesu.

Untuk bertahan di tengah pandemi yang belum mereda, seorang pemuda di Lingkungan Tegal Cabe, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon bernama Kurniawan, mengembangkan hobinya memelihara ikan hias jenis Cupang untuk usaha. Tak tanggung-tanggung, pemilik Awan Betta Farm ini bisa meraup untung belasan juta rupiah dari peternakan ikan hias air tawar bernama ilmiah Betta Sp tersebut, penjualannya hingga ke luar negeri.

“Awalnya hobi, saya mulai bulan Mei kemarin, karena adanya pandemi ini-kan yang bikin semua usaha menjadi lesu akhirnya saya kepikiran buat usaha ikan cupang, kalau dulu saya aktif di kegiatan pariwisata. Karena pandemi wisata pada tutup akhirnya cobain bisnis ini,” kata Kurniawan ditemui BCO, Minggu 08 November 2020.

Dikatakan, budidaya ikan mungil yang menjadi primadona ini juga banyak dipilih oleh pecinta ikan hias karena perawatannya yang relatif tidak terlalu sulit. Hanya rajin mengganti air atau pemberian pakan yang rutin. Kurniawan mengaku, dengan bisnis ikan ini ia bisa mengantongi keuntungan hingga Rp5 juta per bulan.

“Yang paling murah saya jual Rp50 ribu, pernah juga jual satu ekor harganya 2 juta rupiah. Kalau berbicara keuntungan si lumayan yah, rata-rata satu bulan 5 juta tapi pernah juga dapat keuntungan 12 juta sebulan,” imbuhnya.

Saat ini, Awan Betta Farm telah memiliki hampir 2000 ekor ikan cupang berbagai jenis dan ukuran. Dari mulai pemijahan hingga penjualan, sambung Kurniawan, ia memanfaatkan jejaring sosial untuk pemasarannya. Tak tanggung-tanggung, Kurniawan pernah menjual ikan hias ini hingga ke Amerika Serikat. Kendati demikian, ia mengaku tetap butuh bantuan pemerintah untuk pemasaran yang lebih luas lagi.

“Paling lewat instagram, kadang ikut kontes dan komunitas aja. Dua bulan lalu ngirim ke Puerto Rico, Amerika Serikat kalau untuk lokal saya sering ngirim ke Bali. Butuh sih kalau bantuan pemerintah untuk pemasaran itu, karena kan pecinta ikan hias banyak yah jadi ingin lebih luas aja pemasarannya,” jelasnya.

Sebagai informasi, ikan hias jenis cupang ini bermanfaat untuk mengurangi stres pada manusia karena bentuknya yang indah. Selain itu juga ikan jenis ini dapat mengurangi pertumbuhan nyamuk lantaran pakannya dengan memakan jentik-jentik nyamuk. []

0Shares