Pemkot Cilegon Sediakan 430 Wifi Gratis untuk Warga

CILEGON, BCO – Sebanyak 430 titik (hotspot) jaringan nirkabel (Wireless Fidelity) yang dipasang Pemkot Cilegon untuk masyarakat di wilayahnya diharapkan mampu menunjang perekonomian dengan membangkitkan sektor perdagangan elektronik atau electronic commerce bagi warga setempat, termasuk belajar daring anak anak sekolah.

Adapun 430 titik itu tersebar di 43 kelurahan yang ada di Cilegon. Masing masing kelurahan disediakan 10 titik wifi gratis.

Hal itu disampaikan Kasubid Data dan Informasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon Hendra Cipta, ketika mempersiapkan peluncuran wifi gratis di Kantor Bappeda Cilegon, Senin 02 November 2020.

Peluncuran pelayanan internet gratis untuk warga ini digelar pada Selasa besok, 3 November 2020, di wilayah Kecamatan Cibeber.

Dijelaskan Hendra, dengan adanya fasilitas wifi gratis untuk warga, Pemkot Cilegon berharap masyarakat semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnisnya, terutama menggunakan konsep digital marketing.

“Kami ingin kedepannya muncul banyak start up di lingkungan. Dimana warga bisa memanfaatkan wifi untuk mengembangkan usahanya,” kata Hendra kepada BCO.

Masih kata Hendra, Pemkot Cilegon dan Telkom telah menginvestasikan anggaran dengan nilai miliaran rupiah untuk penyediaan jaringan nirkabel tersebut. Tak hanya pemasangan, akan tetapi infrastruktur juga diperluas ke daerah – daerah yang belum masuk jaringan atau blank spot.

“Tentu kami yang menganggarkan untuk wifinya. Namun, telkom juga sudah menghabiskan miliaran rupiah untuk membangun infrastrukturnya. Sebab, daerah yang belum dipasangi sekarang sudah ada jaringan,” pungkasnya. []

0Shares