Pastikan Warga Ikut Memilih, KPU Cilegon Bakal Sediakan TPS di Lapas

CILEGON, BCO – Untuk mengakomodir dan menegakan demokrasi pada gelaran pemilu Pilkada Cilegon 2020, KPU Kota Cilegon akan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Cilegon yang berlokasi di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Data dan Informasi KPU Cilegon Mulya Mansyur kepada BCO saat dihubungi melalui telepon genggamnya, kemarin.

Nantinya kata Mansyur, mekanisme pemungutan suara itu tidak berbeda jauh dengan pemungutan di wilayah biasa, namun keamanannya saja yang diperketat. Di Lapas Cilegon sendiri tercatat ada 186 warga yang mendapatkan kewajiban untuk memilih calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon tersebut.

“Hanya satu TPS, karena pemilihnya hanya ada 186 pemilih, (mekanismenya) sama,” kata Mulya Mansyur.

Ditanya soal penghuni atau tahanan yang berada di Polres Cilegon apakah punya hak sama atau tidak, Mansyur menjelaskan, berdasarkan regulasi KPU hanya menyediakan TPS di wilayah Lapas saja. Hal itu juga diakuinya sudah sesuai ketentuan penyelenggara pemilu.

“Kalau yang ada di polres mereka hanya sementara saja, atau tidak dalam waktu yang lama dan kadang – kadang biasanya juga di titipkan di Lapas. Sementara ini sesuai dengan regulasi hanya melakukan pendataan pemilih di Lapas,” jelas Mansyur.

Untuk diketahui, Kota Cilegon masuk dalam perhelatan Pilkada serentak bersama 270 daerah lain di Indonesia yang bakal digelar pada 09 Desember 2020 mendatang. KPU Kota Cilegon juga telah melakukan pendataan bagi warganya yang memiliki hak pilih pada konstelasi politik itu dengan jumlah 297.045 pemilih. Jumlah itu meningkat sebanyak 6.474 pemilih dibanding DPT pada Pilpres dan Pileg pada pemilu 2019, yang hanya 290.571 pemilih. []

0Shares