Partai Berkarya dan PKS Sepakat Usung Helldy di Pilkada Cilegon 2020

CILEGON, BCO – Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat untuk mengusung Helldy Agustian, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Banten, sebagai bakal calon walikota Cilegon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilegon pada September 2020 mendatang.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kedua pimpinan partai di Banten yang dilaksanakan di Kantor DPW Berkarya Provinsi Banten, di wilayah Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Sabtu 21 Maret 2020.

Kedua partai sendiri membangun koalisi permanen dengan nama Koalisi Pembaharuan. Ketua DPW Partai PKS Banten Sanuji Pentamarta mengungkapkan, PKS yang merupakan partai berbasis massa tersebut saat ini tengah menggodok kader-kader terbaiknya untuk nanti disandingkan dengan Helldy Agustian di kontestasi Pilkada Serentak. Hal ini berdasarkan hasil survei yang menunjukan Helldy Agustian berada pada posisi tertinggi.

“Kesepakatan kita tentu ini tidak main-main, kita sungguh-sungguh. DPD PKS Cilegon DPW Banten, berkonsultasi ke DPP jadi kita memutuskan berkoalisi dengan Berkarya dan mengusung pak Heldy sebagai bakal calon walikotanya,” ujar Sanuji Pentamarta.

Disinggung soal pendamping calon wakil walikota dari kader PKS yang ramai menjadi perbincangan, dan dorongan untuk menyandingkan Helldy Agustian dan Nurotul Uyun. Sanuji sendiri tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi setelah melakukan musyawarah dengan kader partainya ataupun dengan pimpinan partai PKS sendiri. Ia jua mengatakan tokoh diluar partai yang telah merapat sendiri bisa jadi wakil Helldy Agustian asalkan menguatkan untuk kemenangan nantinya.

“Ya nanti kita akan syuro-kan di partai. Survei ini kejar-kejaran tuh, jadi ada pak Amal, kemudian disalip sama bu Uyun, disalip sama bu Sita, salip-salipan survei-nya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten Helldy Agustian menyatakan, ia menyerahkan langsung persoalan calon wakil walikota atau pendampingnya kepada Partai PKS. Hal tersebut sesuai dengan isi nota kesepahaman poin kelima yang telah ditandatangani kedua belah pihak tersebut.

“Kalau untuk wakil kita serahkan semuanya kepada PKS. Tentunya PKS juga akan berunding mencari wakil-wakil atau tokoh dari masyarakat yang memang ada potensi untuk menangnya,” ucap Helldy.

Ia berharap, selain Partai PKS yang sudah menentukan sikap untuk mengusungnya. Partai lain juga ikut bergabung guna membangun koalisi politik ini dalam menghadapi pertarungan politik di bulan September 2020 mendatang. []

0Shares