Minggu Depan, Rapid Test Drive Thru Digelar di Bonakarta

CILEGON, BCO – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan Kota Cilegon mulai minggu depan atau Selasa 16 sampai 18 Juni 2020 akan menggelar tes cepat virus corona (rapid test) secara gratis dengan sistem drive thru di Kawasan Bonakarta, Kota Cilegon.

Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Dinkes Cilegon Dana Sujaksani usai menghadiri rapat evaluasi Covid-19 di Kantor Walikota Cilegon, Selasa 09 Juni 2020.

Dikatakan Dana Sujaksani, secara teknis Dinkes Cilegon akan menyebarkan flyer di media sosial agar warga yang mengikuti rapid test drive thru ini melakukan pendaftaran secara online.

“Tekhnisnya kita share di medsos (media sosial) kaitan tata cara pendaftarannya. Pendaftarannya secara online, jadi ketika nanti pas hari H-nya dia ke sana itu sudah siap,” kata Dana.

Meskipun pendaftarannya dibuka secara online, namun pada pelaksanaannya nanti akan menerima atau melayani warga yang belum melakukan pendaftaran. Rapid test ini berlaku untuk seluruh warga, baik di Kota Cilegon ataupun warga di luar Cilegon. Oleh sebab itu untuk melayani warga, disiapkan 3.000 alat rapid test selama tiga hari tersebut.

“Kalau misalnya ada (warga) luar daerah pun kita layani, nanti hasilnya kita koordinasi dengan daerah mana dia berasal. Satu harinya itu 1000 rapid test,” jelasnya.

Disinggung apabila ada banyak permintaan rapid tes, Dana mengatakan, pihaknya akan mengadakan penjadwalan ulang untuk memenuhi permintaan tersebut.

“Kalau misalnya provinsi masih siap, kita akan adakan penjadwalan ulang lagi untuk penambahan ini. Tetapi kitapun mungkin akan dari Cilegon akan melakukan juga, hanya waktunya disesuaikan nanti termasuk nanti ada juga dari swasta,” tuturnya. []

0Shares