Masuk Kelompok Rentan, Pemkot Serang Rapid Test Wartawan

SERANG, BCO – Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Kesehatan Kota Serang melakukan rapid test terhadap wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Kota Serang (PWKS). Hal ini lantaran wartawan merupakan profesi yang memiliki risiko terpapar virus corona, selain tim medis.

“Teman-teman wartawan dari PWKS, memeriksakan diri rapid test di Dinkes Kota Serang. Semula ada 20 orang yang bersedia memeriksakan diri, tetapi dalam pelaksanaan tes hanya 13 orang,” ujar Muhammad Tohir, Ketua PWKS Kota Serang, Selasa 07 April 2020.

Untuk mengantisipasi agar pegiat media tersebut tidak merasa khawatir, maka dilakukan Rapid tes ini. “Baik hasilnya negatif atau positif, alasan kuat harus memeriksakan diri yaitu karena wartawan menjadi kelompok yang paling rentan kedua setelah tenaga kesehatan. Wartawan setiap hari bertemu dengan narasumber yang berbeda-beda, wawancara dari dekat, dan itu menjadi resiko wartawan terpapar lebih tinggi,” jelasnya.

Selain itu dikatakan Tohir, belum lama ini tersiar kabar bahwa ada pegawai dari pajak yang meninggal dan positif Covid-19 dan wartawan menjadi bagian penting yang perlu dites karena ada yang pernah melakukan wawancara

Tohir mengimbau rekan pewarta untuk tetap menjaga diri dalam bertugas, serta diupayakan dalam kondisi pandemi saat ini, untuk dapat melakukan konfirmasi atau wawancara via daring atau telepon saja.

“Untuk teman-teman, sebetulnya sejak awal PWKS sudah memberikan imbauan supaya melakukan jaga jarak dengan narasumber minimal satu setengah meter, sering cuci tangan, pakai hand sanitizer, serta menggunakaan masker. Kalau bisa, wawancara via telepon dan sebisa mungkin menjaga jarak dari tempat-tempat berisiko, karena tidak ada berita senilai nyawa,” pungkasnya. [*]

0Shares