Malam Ini Landai, Polisi Siapkan Sanksi Tegas Bagi yang Nekat Mudik

CILEGON, BCO – Hari ke 18 penerapan aturan larangan mudik di tengah pandemi Covid-19 dan pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2020, Polda Banten sudah menghalau 4.772 unit kendaraan yang terindikasi akan melakukan perjalanan mudik ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Ribuan kendaraan tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi. Berdasarkan data kepolisian, hingga saat ini arus mudik sudah mengalami penurunan hingga 7 persen.

“Sampai hari ini mulai landai mengalami penurunan sampai dengan 7 persen, kita harapkan kedepan sama-sama pengertian masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik semakin tinggi,” ujar Kombes pol Wibowo, Dirlantas Polda Banten kepada wartawan di Gerbang Tol Merak, Senin malam 11 Mei 2020.

Dijelaskan Dirlantas, Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 merupakan penguatan dari aturan sebelumnya. SE Permenhub no 25 tahun 2020 yang mengatur pembatasan mobilisasi manusia dan kendaraan dikuatkan oleh SE Gugus Tugas Penanganan Covid-19 no. 4 tahun 2020 tentang pembatasan perjalanan orang. Kendati demikian, dalam aturan tersebut disebutkan ada pengecualian untuk orang – orang yang memiliki kepentingan tertentu seperti pelajar, orang sakit dan pekerjaan sehingga tidak bisa ditinggalkan tetapi dengan aturan yang berlaku.

“Kita perbolehkan melakukan perjalanan, namun demikian ada dokumen – dokumen yang tentunya harus dilengkapi oleh masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Di sisi lain Wibowo mengungkapkan, untuk menghalau para pemudik yang tetap nekad hendak pulang kampung ke Pulau Sumatera dengan menumpangi kendaraan pribadi ataupun kendaraan truk, petugas tak segan untuk melakukan penindakan tilang.

“Kedepan kita akan melakukan tindakan tegas, kita tilang. Jadi saya himbau juga masyarakat tidak menggunakan cara – cara atau kucing-kucingan. Baik menggunakan transportasi yang bukan peruntukannya atau menggunakan transportasi yang memang tidak ada izin traeknya,” tegasnya.

Untuk diketahui, larangan mudik ditengah pandemi Covid-19 mulia berlaku pada tanggal 24 April 2020 sampai dengan 37 hari kedepan. []

0Shares