Libur Panjang, Satlantas Cilegon Bakal Berlakukan Ini di Jalur Pelabuhan Merak dan Wisata Anyer

CILEGON, BCO – Satuan Lalu Lintas Polres Cilegon akan melakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah (One Way) apabila terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Anyer Cinangka. Meskipun demikian, sistem tersebut bakal diberlalukan secara kondisional pada waktu tertentu.
Dikatakan Ali Rahman, kepolisian juga memprediksi puncak arus liburan bakal terjadi pada Kamis, 29 Oktober 2020 hingga Minggu, 01 November 2020.

“Nanti kita laksanakan pola rekayasa, one way sistem satu arah masuk dan keluarnya. Nanti untuk jamnya kita tidak bisa sampaikan, melihat situasi lalu lintas yang berkembang,” kata AKP Ali Rahman kepada awak media di Mapolres Cilegon, Senin 26 Oktober 2020.

Kendati demikian, Kasatlantas juga menghimbau warga atau wisatawan untuk memperbaharui informasi cuaca apabila hendak bepergian untuk berlibur, hal itu sebagai antisipasi terhadap peralihan cuaca yang saat ini sedang terjadi. Terlebih, beberapa daerah di Banten saat ini mulai merasakan dampak fenomena alam La Nina.

Selain mengantisipasi kepadatan lalu lintas di jalur wisata, Kasatlantas juga memprediksi perjalanan di jalur penyeberangan Pelabuhan Merak bakal terjadi pada Rabu 28 Oktober 2020. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dan juga pengamanan di pelabuhan dengan menerapkan pola situasi berwarna yang bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Nanti kita mulai berfokus di ASDP Merak, kemudian untuk pola rekayasanya yang sudah berlangsung setiap pengamanan rutin nanti akan ada namanya situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah. Situasi hijau itu seluruh kendaraan masih bisa tertampung di dalam (pelabuhan), kemudian situasi kuning apabila antrean itu sudah mulai mengular dari mulai ASDP sampai dengan fly over atas, kemudian situasi merah dari fly over atas sampai dengan masuk ke dalam tol,” jelasnya.

Diharapkan kegiatan pengaman pada jalur-jalur sensitive tersebut bisa berjalan dengan lancar saat libur panjang berlangsung. Sebagai informasi, pada momen libur panjang ini juga kepolisian melakukan operasi zebra mulai tanggal 26 Oktober – 08 November 2020. []

0Shares