Libur Panjang, Penumpang Bus di Terminal Terpadu Merak Melonjak

CILEGON, BCO – Momen libur panjang akhir pekan dimanfaatkan warga yang berada di Jabodetabek dan sekitarnya untuk mudik ke kampung halaman yang berada di Pulau Sumatera. Tentunya, momentum ini juga berimbas langsung terhadap jumlah kenaikan penumpang di Terminal Terpadu Merak yang terintegrasi dengan Pelabuhan Merak tersebut.

Kepala Terminal Terpadu Merak Alam Suryawijaya mengatakan, jika dibandingkan dengan hari biasanya jumlah kenaikan penumpang di terminal ini cukup signifikan sampai 800 orang dalam satu hari.

“Untuk lonjakan penumpang itu pada tanggal 28 Oktober 2020 kemarin itu memang ada lonjakan penumpang sekitar 800 an orang,” kata Kepala TTM Alam Suryawijaya ditemui wartawan di Terminal Terpadu Merak, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Kendati sempat melonjak naik signifikan, namun saat ini kedatangan penumpang kembali turun hingga menyentuh angka 600 orang. Jika dibandingkan hari biasa, lanjut Alam, pihak terminal biasanya kedatangan 300 orang penumpang saja.

“Kalau biasanya pada saat corona itu, sekitar 200 sampai 300 orang yang datang kesini. Artinya (sekarang) ada peningkatan. Itu tersebar (penumpang yang datang) tapi kebanyakan dari Jabodetabek menuju ke sebrang (Pulau Sumatera),” jelasnya.

Untuk melayani penumpang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, 40 bus yang terdiri dari bus AKAP dan bus reguler beroperasi di wilayah ini. []

0Shares