KPU Cilegon Terima 200 Pendaftar PPS Pilkada Cilegon

CILEGON, BCO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Cilegon telah melakukan perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan untuk persiapan Pilkada Cilegon September 2020 nanti.

Perekrutan sendiri dilakukan KPU di Kantor KPU Cilegon, tepatnya di Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, dari tanggal 14 Februari hingga 24 Februari 2020.

Meski demikian, hingga saat ini KPU telah menerima 200 orang pendaftar. Adapun syarat atau ketentuan bagi pendaftar adalah memeliki idenetitas Cilegon dan berdomisili di kelurahan yang pendaftar tinggali.

“Yang kita butuhkan sebenarnya 3 orang per kelurahan, kalau ada 43 kelurahan berarti 129 orang. Tapi kita harapkan juga ada yang ngisi di PAW-nya, nanti pas seleksi-kan pasti ada yang gugurkan, jadi nanti ada yang PAW-nya 3 orang,” ujar Fathurrohman, Komisioner KPU Cilegon Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, kepada wartawan, Senin 24 Februari 2020.

Anggota PPS sendiri akan mulai bekerja 26 Maret pasca dilantik oleh KPU, sebelumnya mereka juga akan mengikuti seleksi administrasi, tes tulis, dan tes wawancara.
Disinggung soal honor yang nanti akan diterima anggota PPS, Faturrohman mengatakan, gaji yang diterima anggota PPS mengacu kepada Peraturan Mentri Keuangan dan diatur oleh KPU RI.

“Cuma saya lupa besarannya, kayaknya untuk PPS sekarang lebih tinggi. Karena kan untuk PPS ini mengacu ke Peraturan Mentri Keuangan kisarannya itu nanti diadopsi sama KPU RI,” tandasnya.

Sementara, salah seorang pendaftar mengatakan, mereka tertarik untuk ikut daftar menjadi anggota PPS lantaran keinginan untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Pengen berpartisipasi aja kang, lolos atau enggaknya itumah rezeki masing-masing yang jelas saya mah pengen berpartisipasi aja. Apalagi saya pernah terlibat di relawan demokrasi tahun kemarin,” kata Fajarotul Uniyah. []

0Shares