Ketua Bawaslu RI Kunjungi Cilegon, Optimis Pilkada Serentak Lancar

CILEGON, BCO – Meski di tengah persoalan pandemi Covid-19 yang masih mewabah, tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan digelar 4 Kabupaten/Kota di Banten dipastikan akan berjalan lancar.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan, saat mengunjungi Kantor Bawaslu Kota Cilegon di Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. Minggu, 28 Juni 2020.

Abhan menerangkan, kendati kondisi pesta demokrasi berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, namun penyelenggara tetap optimis penyelenggaraan pemilihan kepala daerah daerah akan berjalan sukses.

“Maka tentunya jajaran penyelenggara KPU Bawaslu, penyelenggaraan Pilkada ini bisa sukses dan lancar dan bisa dijalankan, dan tetap menjalankan prinsip – prinsip luber dan jurdil,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan.

Dikatakan Abhan, penyelenggaraan pemilu mempunyai tantangan tersendiri demi menegakan demokrasi ditengah wabah virus corona. Akan tetapi, Abhan melanjutkan, pentingnya penerapan protokol kesehatan juga penting dilakukan untuk menjaga kedaulatan rakyat ini.

“Protokol Covid-19 harus ditegakan secara ketat, harus dipatuhi bagi penyelenggara maupun penyelenggara,” jelasnya.

Di sisi lain Ketua Bawaslu RI menjelaskan, memasuki tahapan Pilkada yang sedang dilakukan, yaitu tahapan verifikasi faktual. Penyelenggara bisa memanfaatkan teknologi apabila kondisi pekerjaan itu tidak memungkinkan untuk dilakukan.

“Dalam konteks verfak maka, ada di regulasi bahwa seandainya memang tidak dimungkinkan dengan dilakukan secara konvensional mendatangi (rumah/wilayah Covid-19) itukan ada metode dengan daring dan sebagainya. Yang penting adalah verfak ini mengedepankan tujuan dari verfak itu sendiri,” bebernya.

Tak hanya menjelaskan soal penyelenggaraan pemilu, Ketua Bawaslu RI juga menyebutkan bahwa Indeks Kerawan Pemilu di Kota Cilegon cukup tinggi sehingga harus diantisipasi dengan berbagai upaya.

“Cilegon cukup tinggi (indeks kerawanannya) mudah-mudahan ini sebagian alert warning untuk semuanya, kita antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tandasnya. []

0Shares