Keluarga Krisis Makanan Akibat Corona: Janda Bersama Ibu Jompo dan Yatim Putus Sekolah

CILEGON, BCO – Lilis, ibu rumah tangga tanpa suami (meninggal), warga Lingkungan Kubang Sepat Inpres, Gang Maja, Rt.01, Rw.10, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, mengalami krisis pangan, terimbas wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ibu ini tinggal bersama dua anak yatim yang satu di antaranya terpaksa putus sekolah karena kendala biaya. Selain itu, Lilis juga mengurusi ibunya yang sudah sepuh dalam kondisi sakit stroke dan katarak.

Selama Ramadhan, Lilis dan keluarganya ini berbuka puasa dan sahur dengan menu seadanya dari kiriman tetangga yang peduli.

“Adeknya putus sekolah, dia ngalah buat tetehnya. Kita enggak ada biaya. Padahal dia mau kalau sekolah mah. Kalau ibu saya ini sudah lima tahun stroke dan katarak. Gak pernah berobat,” ujar Lilis kepada BCO, Minggu 3 Mei 2020.

Tim BCO mengunjungi rumah Lilis untuk berbuka puasa bersama keluarganya, sekaligus menyalurkan bantuan sembako donasi dari sahabat BCO.

Diketahui, Lilis sebelumnya bekerja sebagai pengasuh bayi. Namun, karena Corona, ia kehilangan mata pencaharian itu. Pencaharian baru sebagai penjaga warung, tidak cukup memenuhi kehidupan sehari hari.

“Dulu kerjanya ngasuh bayi terus sekarang bantu temen jaga warung. Hari ini enggak, karena abis nyuci. Sehari-hari (selama puasa) kalau ada yang nyuruh nyuci saya ambil. Selama ini buka puasa juga dari bu bidan sama tetangga,” kata Lilis yang sudah tinggal di rumah kontrakan bedeng selama 16 tahun.

Sebelumnya, tim BCO Peduli mendapatkan informasi dari tetangga Lilis yang merasa prihatin dengan kondisinya. Setelah melakukan penelusuran Tim BCO akhirnya menyalurkan bantuan sambil berbuka puasa bersama ibu Lilis serta dua yatim dan ibunya itu.

Bantuan ini berasal dari Sahabat BCO yang dititipkan kemudian disalurkan kepada warga yang mengalami krisis pangan lantaran terdampak Covid-19. Saat berbuka puasa, ibu Lilis menerima bantuan makanan berupa gorengan, lontong, dan sayur dari tetangganya. []

0Shares