Kejaksaan Awasi Anggaran Penanganan Covid-19 Pemkot Cilegon

CILEGON, BCO – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon Andi Mirnawati menyatakan siap mengawasi pengelolaan dana penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang digelontorkan Pemerintah Kota Cilegon sebesar Rp10 Miliar.

Pengawasan itu dilakukan oleh satgas intel Kejari Cilegon. Apabila ditemukan kejanggalan dalam pengelola dana Covid-19 ini, Kejari Cilegon tak segan untuk melakukan Pidana Khusus.

“Sampai saat ini belum ada pengadaan, setelah ada pasti (kita awasi). Di intel tetap ada pengawasan terhadap proyek strategis nasional, itu yang kita pakai. Dan bila didapati ada penyalahgunaan disitu, perintah pimpinan kami harus melakukan upaya pidsus,” ujar Andi kepada wartawan di Kantor Walikota Cilegon, Senin 06 April 2020.

Dijelaskan Andi Mirnawati, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Cilegon untuk melakukan pengawasan yang dilakukan bersama pihak Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Oleh karena itu, ia mengingatkan instansi-instansi terkait untuk tidak menyalahgunakan kewenangan tersebut.

“Tentu kita sudah tahu itu. Cuma pada saat nanti sudah ada pelaksanaannya baru kita lakukan warning khusus terhadap instansi – instansi terkaitnya. Jadi kita berharap tidak dan semoga disini tidak ada, tetapi kita tetap melakukan langkah pencegahan, jangan sampai dibalik masalah atau keadaan ini malah disalahgunakan oleh segelintir orang,” jelasnya.

Disinggung soal target pengawasan, Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon mengungkapkan akan segera bekerja setelah pelaksanaan dilakukan.

“Begitu disini mulai melakukan pengadaan kita langsung melakukan (pengawasan) itu juga,” imbuhnya.

Untuk diketahui, setiap ada kebijakan mengenai perihal yang bersifat strategis pihak Kejaksaan Negeri Cilegon selalu menerima laporan dari setiap instansi untuk melakukan pengawasan tersebut. Oleh karena itu, Andi berharap transparansi selalu diutamakan oleh setiap lembaga di Kota Cilegon. []

0Shares