Jelang Pilkada, Puluhan Pengawas TPS di Kecamatan Purwakarta Dilantik

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan warga dari kalangan pemuda dan dewasa di Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, mendapat amanah untuk menjadi pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) saat pelaksanaan Pilkada Cilegon nanti berlangsung.
Turut hadir dalam acara tersebut, Sekmat Purwakarta Wawan Ikhwani, Lurah se kecamatan Purwakarta, Babinkamtibmas se kecamatan Purwakarta, Babinsa se kecamatan Purwakarta, PPK Kecamatan Purwakarta, serta perwakilan Bawaslu Kota Cilegon, dan dilaksanakan di salah satu gedung serbaguna di Kelurahan Purwakarta, Minggu 15 November 2020.

Ketua Panwascam Kecamatan Purwakarta Rifqi Rafsanjani menekankan, seluruh anggota PTPS yang dilantik harus dapat menjalankan amanah tersebut demi menjalankan sistem demokrasi yang berkualitas mengawasi jalannya pelaksanaan pemilu di TPS.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dalam pemilihan kepala daerah. Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemumungutan dan penghitungan suara. Tentu pengawas TPS yang demikian adalah sosok yang aktif dan progresif, mengerti tugas dan wewenangnya,” kata Rifki kepada BCO.

Dijelaskan, pelantikan yang dilakukan terhadap 73 orang PTPS secara dua tahap lantaran kewajiban mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Para anggota PTPS ini diakuinya telah menjalankan protap kesehatan karena kesadarannya terhadap bahaya virus corona yang masih mengintai.

“Pelantikan kita tadi di bagi 2 sesi. Kloter 1 dari Kelurahan Kebondalem, Ramanuju dan Pabean jumlahnya 35 orang PTPS. Sesi kedua sejumlah 38 PTPS dari kelurahan Tegal Bunder, Kota Bumi dan Purwakarta,” jelasnya.

Selin itu, Rifki juga meminta para anggotanya tersebut menjaga marwah kepengawasan agar demi terciptanya pemilihan berkualitas dan dapat dipercaya.

“Pengawas TPS agar menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga integritas dan marwah lembaga demi terciptanya pemilihan kualitas dan dapat dipercaya,” pungkasnya. []

0Shares