Jamin Ketersediaan Darah, Pegawai dan Pengunjung RSUD Cilegon Lakukan Donor Darah

CILEGON, BCO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon mengadakan kegiatan sosial donor darah bagi pegawai dan pengunjung, di Lingkungan RSUD Kota Cilegon, Jumat 13 Maret 2020.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pemicu menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing pegawai dan masyarakat tentang pentingnya tolong-menolong terhadap sesama melalui donor darah.

“Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat dan karyawan RSUD untuk mendonorkan darahnya guna memenuhi kebutuhan stok darah. Ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana kesehatan, termasuk darah, sangat dibutuhkan. Dan masyarakat punya peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup dan berkualitas,” ujar Plt Dirut RSUD Cilegon dokter Arriadna.

Dikatakan Arriadna, darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam menjaga stabilitas stok darah tersebut.

Sementara itu dokter Faisal Rahmani selaku koordinator kegiatan donor darah di RSUD Kota Cilegon mengatakan, kegiatan donor darah ini sudah rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan menggandeng PMI Kota cilegon.

Donor darah kali ini diikuti oleh sekitar 60 orang pendonor terdiri dari dokter, bidan, perawat, manajemen dan masyarakat lainnya.

“Kegiatan Donor darah yang rutin merupakan bukti kepedulian karyawan RSUD kota Cilegon terhadap sesama yang membutuhkan darah selain itu donor darah juga dapat menyehatkan bagi pendonor itu sendiri ” ungkap Faisal.

Diketahui, ada sejumlah manfaat bagi tubuh manusia apabila rutin melakukan donor darah. Diantaranya, menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan, membuat sehat secara psikologis, dan bisa mendeteksi penyakit serius. Meski demikian, ada beberapa orang yang tidak bisa mendonorkan darahnya. Bisa dikarenakan, sakit atau sedang hamil. []

0Shares