Isi Waktu Luang, Staf Kelurahan Bendungan Produksi Face Shield

Sejumlah staf Kelurahan Bendungan Produksi Face Shield saat waktu luang/Foto: Adji (www.bco.co.id)

CILEGON, BCO – Ditengah pandemi Covid-19 nampaknya peluang untuk tetap produktif terus dilakukan masyarakat supaya tidak bosan berdiam diri lantaran menghindari keramaian.

Seperti dilakukan sejumlah staf di Kantor Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, untuk mengisi waktu luang saat tidak ada pekerjaan melayani warga, para staf kelurahan ini malah menyibukan diri dengan memproduksi pelindung wajah (face shield) dengan mengandalkan plastik kaca dan busa yang diambil dari sentra pembuatan kasur.

Dengan teliti, mereka membuat face shield itu secara sederhana dengan alat serta bahan seadanya seperti lem, yang berfungsi merekatkan busa dan plastik kaca, serta tali karet.

Kepala Kelurahan Bendungan Maman Suherman menceritakan, ide pembuatan face shield itu tercetus lantaran khawatir terhadap kondisi stafnya yang sering bertemu banyak orang di kantor kelurahan itu. Selain untuk staf, nantinya pelindung wajah ini akan diberikan kepada RT RW yang berada di kawasan Kelurahan Bendungan.

“Ini staf-staf kelurahan semua yang mengerjakan untuk mengisi waktu luang. Mereka menggunakan alat-alat sederhana dan memanfaatkan ATK yang ada,” kata Maman kepada BCO di kantornya, Jumat 12 Juni 2020.

Kedepannya, ia meminta setiap RT RW disetiap kelurahannya untuk memproduksi pelindung wajah itu sebagai langkah preventif demi mencegah paparan virus corona.

Selain itu, masih kata Maman, hal kecil inipun bisa menjadi ladang usaha baru bagi warga dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

“Tentu mereka kami ajak untuk memproduksi sesuai dengan kebutuhan di lingkungan yang ada. Kebetulan di kami, banyak pengusaha kasur, jadikan bahan-bahan disekitar kita potensi untuk dijadikan usaha baru,” ungkapnya.

Meski baru pertama kali memproduksi untuk kebutuhan disekitar kelurahan saja. Namun Maman berharap, potensi usaha ini bisa ditiru warga setempat untuk tetap produktif ditengah pandemi Covid-19 yang makin memgancam itu. []

0Shares