Ingin Mandiri dan Sejahtera, Karyawan PT LOC Bentuk Wadah Perjuangan

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan karyawan PT Lautan Otsuka Chemical secara resmi mendeklarasikan berdirinya organisasi atau wadah bagi para pekerja di lingkungan perusahaan tersebut.

Serikat Karyawan Lautan Otsuka Chemical (Sekar Loc), dibentuk oleh karyawannya lantaran ingin berdiri secara mandiri, serta menjadikan organisasi ini sebagai wadah perjuangan demi mensejahterakan mereka.

Ketua Umum Sekar Loc yang juga General Affair PT Lautan Otsuka Chemical Anton Firmansyah mengatakan, dibentuknya serikat ini karena dorongan untuk membentuk hubungan diplomasi karyawan dengan perusahaan yang menaungi mereka. Selain itu, kata Anton, pembentukan wadah perjuangan ini sebelumnya telah mendapatkan izin dari Disnaker Kota Cilegon sebagai salah satu syarat diakuinya organisasi ini pada lingkungan pemerintah.

“Sekar LOC lahir karena, pertama ingin mempunyai serikat karyawan yang mandiri dan juga hubungan diplomasi yang baik dengan perusahaan. Ini sebagai alat perjuangan kita karyawan PT LOC untuk menuju kepada kesehjateraan karyawan dan keluarganya,” ujar Anton, Ketum Sekar LOC usai deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Sabtu 28 November 2020.

Dikatakan, dalam hal keanggotaan organisasi ini baru terisi 25 orang karyawan. Namun, Anton optimis, wadah perjuangan ini akan berkembang karena dukungan pekerja di perusahaan tersebut. Anton juga berharap, didirikannya wadah bagi para karyawan ini, pekerja di lingkungan PT Lautan Otsuka Chemical bisa sejahtera serta perusahaan tersebut maju dan menciptakan nuansa harmonis antar keduanya.

“Sekarang ini keanggotaannya baru 25 orang, selanjutnya menyusul. Perusahaan PT LOC manajemennya sangat men-support keberadaan daripada Sekar Loc ini,” jelasnya.

Senada dengan Anton, salah satu pengurus Sekar Loc Ujang Harmudin menuturkan, pentingnya koordinasi diplomasi antara manajemen dan karyawan merupakan cikal bakal terbentuknya wadah perjuangan ini. Oleh sebab itu, Ujang menginginkan sinergritas yang dibangun keduanya dapat menciptakan hubungan baik sehingga tujuan mandiri dan kesehjateraan dapat tercapai.

“Ada perpaduan sinergritas antara perusahaan dengan karyawannya, satu sisi perusahaan bisa berkembang dengan pesat. Sisi lain, itu bisa diimbangi dengan meningkatnya pula tingkat kesehjateraan karyawan dan keluarganya. Jadi perpaduan itulah yang coba di bangun oleh Sekar Loc ke depannya,” imbuh Ujang.

Sementara di tempat yang sama, Plan Manager PT Lautan Otsuka Chemical Rohana yang hadir sekaligus melantik kepengurusan serikat karyawan tersebut menjelaskan, wadah karyawan yang mandiri ini diisi oleh semua karyawan yang berada di pabrik dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun. Kendati demikian, ia berharap karyawan yang tergabung dalam organisasi ini bisa menjamin kelangsungan usaha perusahaan agar tujuan awal pembentukan organisasi ini dapat tercapai.

“Selain memperjuangkan kepentingan karyawan dan keluarganya, dia juga harus menjamin kelangsungan usaha dari perusahaan. Jadi setiap ada kepentingan ataupun peningkatan kesehjateraan itu bisa dibicarakan dengan baik,” tandasnya. []

0Shares