Idul Adha, Pertama Kali Di Alun Alun Cilegon Akan Digelar Shalat Ied

CILEGON, BCO – Penyelenggaraan ibadah shalat Idul Adha di Cilegon pada 31 Juli 2020, bakal dilaksanakan di Alun-Alun Cilegon.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kesehajateraan Rakyat (Kabag Kesra) Rahmatullah saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 27 Juli 2020.

Dikatakan Rahmatullah, penyelenggaraan tersebut berdasarkan hasil rapat internal terkait persiapan Idul Adha tahun 2020. Meski terbuka untuk umum, namun penerapan protokol kesehatan akan dilakukan dengan ketat saat pelaksanaannya.

“Shalat Idul Adha di Alun-Alun, alhamdulillah kita sudah meninjau lapangan dan melakukan rapat terkait persiapan Idul Adha. Terbuka untuk masyarakat,” kata Rahmatullah.

Lebih lanjut, Rahmatullah menuturkan, shalat idul adha di Alun-Alun Cilegon merupakan antisipasi dari membludaknya jamaah lantaran tempat tersebut luas sehingga bisa menerapkan aturan jaga jarak (physical distancing). Meskipun dialihkan ke Alun-Alun Cilegon bukan berarti masyarakat tidak bisa melakukan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Agung Cilegon. Selain itu, salah satu area terbuka di Cilegon ini diperkirakan bakal menampung jamaah sampai 1000 orang.

“Dialihkan dalam rangka physical distancing aja untuk tetap menjaga itu, karenakan (di masjid agung) terlalu padat,” jelasnya.

Rencananya, ibadah shalat Idul Adha yang perdana digelar di Alun-Alun Cilegon itu akan dipimpin oleh imam KH. Jahari dan Khotibnya oleh Kepala Kemenag Cilegon Idris Jamroni. []

0Shares