Gunung Santri Dipadati Peziarah, Polsek Bojonegara Bagikan Masker

SERANG, BCO – Ratusan jamaah yang hendak berziarah di tempat Wisata Religi Gunung Santri Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, terpantau ramai berdatangan. Warga dari berbagai daerah di Pulau Jawa hendak menghabiskan libur panjangnya untuk berziarah di salah satu tempat syiar Islam bersejarah di Banten.

Untuk menjaga agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan dan memberikan kenyamanan selama berziarah, sejumlah personel Polsek Bojonegara dan Anggota TNI dari Koramil Bojonegara memantau jalannya aktivitas tersebut dengan membagikan masker kepada pengunjung ini.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono yang diwakili Kapolsek Bojonegara AKP Fauzan Afifi mengatakan, meskipun dalam kondisi fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), petugas masih menemukan wisatawan yang abai terhadap protokol kesehatan. Oleh sebab, mereka diberikan edukasi perihal penerapan protokol kesehatan yang sangat penting untuk proteksi diri dan kenyamanan bersama.

“Ada aja beberapa yang enggak pakai masker, makanya kita kasih edukasi sekaligus kasih masker juga buat mereka. Tindakan kita tidak berlebihan, kita hanya memberikan himbauan aja, kita harus tetap humanis agar masyarakat juga tetap patuh terhadap aturan,” ujar AKP Fauzan Afifi kepada BCO, Minggu, 23 Agustus 2020.

Dikatakan Fauzan, ratusan peziarah yang didominasi dari luar Banten itu sengaja datang ke Gunung Santri untuk berwisata di salah satu tempat bersejarah perkembangan islam di Banten tersebut.

“Banyaknya dari luar Banten, seperti Bekasi, bahkan ada juga dari wilayah Jawa. Mungkin ini momennya karena berbarengan dengan libur panjang dan masuk tahun baru islam,” katanya.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Bekasi mengatakan, selain berziarah, ia juga ingin mengenalkan terhadap anak-anaknya bahwa di tempat yang terapit oleh banyaknya industri tersebut, ada lokasi bersejarah perjuangan islam di masa lalu.

“Sengaja kesini buat ziarah sama keluarga, bawa anak-anak juga sekaligus untuk edukasi sama anak-anak kalau disini ada tempat bersejarah perjuangan syiar islam,” ujar Khoerunisa.

Sebagai informasi, Wisata Religi Gunung Santri merupakan wilayah perbukitan yang ditinggali oleh Syekh Muhammad Soleh bin Abdurahman menyiarkan agama islam di Banten sebelum masa kesultanan Banten. []

0Shares